TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MUJ Bidik Sektor Energi Bersih untuk Pelabuhan Patimban

MUJ siap pasok energi bersih untuk industri di Subang

(Istimewa)

Bandung, IDN Times - Event West Java Investment Summit (WJIS) 2024 memberikan angin segar untuk perusahaan BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Migas Utama Jabar (MUJ). Pasalnya, di sana MUJ mendapatkan patner kerja sama untuk mengelola energi bersih.

Perusahaan ini yaitu, BUMD milik Pemkab Subang yakni PT Subang Energi Abadi (SEA). Direktur Teknik dan Operasi PT MUJ Muhamad Sani dan Direktur Utama PT SEA turut melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai komitmen kerja sama.

1. SEA menjadi mitra strategis

Muhamad Sani mengatakan, Kabupaten Subang saat ini menjadi daerah industri baru seiring dengan hadirnya kawasan Segitiga Rebana. Menurutnya, PT SEA cukup cemerlang sebagai Perseroan di bidang energi, termasuk dalam pengelolaan gas dan distribusi gas bumi.

Kerja sama ini dinilai penting karena sebagai upaya meningkatkan kebutuhan energi di kawasan yang berkembang seperti Subang, dan Pelabuhan Patimban sebagai bagian dari Proyek Rebana Metropolitan.

"SEA menjadi mitra strategis karena semangatnya sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan energi bersih di Jawa Barat, khususnya di kawasan industri di Subang yang terus berkembang pesat," kata Muhamad Sani dalam keterangan resminya, Kamis (18/9/2024).

2. Kawasan Subang membutuhkan pemasok energi handal

Sama hal dengan SEA, MUJ juga memiliki lini bisnis eksisting di kawasan tersebut. Subang menjadi satu daerah yang terlintasi wilayah kerja lapangan migas Offshore North West Java (ONWJ) dalam Participating Interest (PI) 10 persen, teranyar adalah Lapangan Migas Pabuaran yang resmi beralih dikelola MUJ melalui skema KSO dengan mendirikan PT MUJI Bangun Pabuaran.

Selanjutnya produk CNG Plant yang dijalankan MUJ Energi Indonesia (MUJI) beroperasi juga di Kabupaten Subang.

"Kawasan Subang yang kita lihat membutuhkan pasokan energi yang andal, sehingga semua potensi yang dimiliki di kawasan tersebut kita lirik, khususnya energi bersih, apakah itu sumber gas bumi, PLTS atau PLTM, kita jajaki melalui MoU ini," katanya.

MUJ juga menjadi BUMD yang mendukung langkah pemerintah menuju nett zero emission tahun 2060. Lainnya, kerja sama menyasar peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait manajemen energi.

Berita Terkini Lainnya