TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buruh Jabar Gelar Aksi May Day 2021 di Tengah Pandemik COVID-19

Semangat buruh tetap menyala meski dalam kondisi pandemik

Di tengah pandemik COVID-19 Buruh di Jabar tetap menggelar aksi May Day 2021 (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Pandemik COVID-19 belum selesai. Ratusan orang yang tergabung dalam berbagai macam serikat buruh menggelar aksi peringatan May Day di depan Gedung Sate, kantor Gubernur Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (1/5/2021).

Salah seorang orator menyatakan bahwa aksi tetap dijalankan meski kondisi pandemik belum rampung. Bagi dia, semangat perlawanan buruh jangan kendor dan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes).

"Aksi yang utama, tetapi kesehatan jangan sampai dilupakan. Jaga jarak dan aturan lainnya harus tetap diikuti," ujarnya dalam orasi.

1. Peserta aksi diminta tetap patuhi prokes

Di tengah pandemik COVID-19 Buruh di Jabar tetap menggelar aksi May Day 2021 (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Di waktu yang sama, Roy Jinto, Ketua Konfe‎derasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat  mengatakan, serikat yang diketuainya itu tetap melaksanakan kegiatan May Day 2021 meski pemerintah belum mencabut status pandemik COVID-19. 

"Aksi digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di antaranya menjaga jarak, pakai masker, hingga peserta aksi wajib antigen sehari sebelum aksi," ujar Roy pada IDN Times.

2. KSPSI sengaja tidak mengundang banyak massa

Di tengah pandemik COVID-19 Buruh di Jabar tetap menggelar aksi May Day 2021 (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

KSPSI Jabar akan membatasi jumlah peserta aksi, hingga sebanyak-banyaknya hanya 100 orang. Hal ini dilakukan guna menghindari penularan COVID-19 dan meminimalisir adanya infeksi virus corona di lingkungan buruh.

"Kita sangat memahami kondisi saat ini masih pandemi COVID-19, makanya kami KSPSI tidak menggerakkan massa buruh yang besar," jelasnya.

Baca Juga: Pesawat Jatuh di Danau Sentani, Pilot Sempat Bilang "May Day-May Day"

Baca Juga: Sejarah May Day hingga Tragedi Haymarket yang Makan Korban 

Berita Terkini Lainnya