Comscore Tracker

Warga Disabilitas Dapat SIM D Gratis dari Polres Purwakarta

Fasilitas umum bagi kaum disabilitas di Purwakarta kurang

Purwakarta, IDN Times - Kepolisian Resor Purwakarta membebaskan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk warga penyandang disabilitas. Program itu dibuat dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada Jumat (3/12/2021).

Kepala Polres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Suhardi Hery Haryanto mengatakan pelayanan bagi kaum difabel termasuk dalam atensi Kepolisian Republik Indonesia. Ia bertekad membangun Polri yang presisi yang berarti prediktif, punya responsibilitas, dan menegakkan transparansi juga berkeadilan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Satuan Lalulintas, Ajun Komisaris Eryda Kusumah. "Selain memberikan SIM D gratis, kami juga memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok kepada warga disabilitas," ujarnya, Sabtu (4/12/2021).

1. Ujian SIM D gunakan kendaraan khusus yang dibawa pemohon

Warga Disabilitas Dapat SIM D Gratis dari Polres PurwakartaDok Polres Purwakarta

Kepemilikan SIM diklaim dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan. Kewajiban pengendara memiliki SIM itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

SIM untuk pengendara difabel dikategorikan ke dalam SIM D. Eryda menjelaskan, proses ujian SIM D pada dasarnya tetap sama seperti pembuatan SIM untuk masyarakat non disabilitas.

Hanya saja, para peserta ujian SIM D akan diminta menggunakan sepeda motor khusus yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan mereka. "Kendaraannya menyesuaikan. Mereka (biasanya) juga punya kendaraan sendiri yang sudah dimodifikasi," kata Eryda.

2. Pemberian SIM D gratis untuk memotivasi pengendara disabilitas

Warga Disabilitas Dapat SIM D Gratis dari Polres PurwakartaIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (Dok. ANTARA News)

Ke depannya, Polres Purwakarta berencana mengadakan program serupa. Tujuannya tak lain untuk memotivasi kaum disabilitas untuk mengikuti aturan lalu lintas secara tertib, termasuk melengkapi dokumen persyaratan berkendara.

Satlantas Polres Purwakarta, kata Eryda, berkomitmen untuk memberikan hak yang sama bagi seluruh warga negara dalam berkendara. "Termasuk untuk teman-teman disabilitas ini," katanya menambahkan.

3. Kendaraan bermotor menunjang aktivitas disabilitas

Warga Disabilitas Dapat SIM D Gratis dari Polres Purwakartailustrasi berinteraksi dengan disabilitas fisik (pexels.com/Ivan Samkov)

Sementara itu, seorang pengendara difabel bernama Valentinus Romi Wahyudi (41 tahun) mengaku senang mendapatkan SIM D gratis. Ia pun mengapresiasi program Satlantas Polres Purwakarta yang memberikan kemudahan bagi pemohon SIM D. 

"Harapan kami semoga bisa berkelanjutan," kata Romi yang terdaftar sebagai warga Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta. Menurutnya, kendaraan bermotor juga diperlukan kaum disabilitas untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

4. Fasilitas khusus untuk disabilitas belum banyak

Warga Disabilitas Dapat SIM D Gratis dari Polres Purwakartaunslpash/Steven HWG

Dalam sehari, Polres Purwakarta menerima lima orang pemohon SIM D. Mereka pun mendapatkannya secara cuma-cuma bahkan menerima bantuan sosial berupa bahan kebutuhan pokok seperti dikatakan polisi.

Pada Hari Disabilitas Internasional kali ini, warga disabilitas di Purwakarta belum banyak mendapatkan fasilitas umum secara khusus. Misalnya, jalur khusus bagi pengguna kursi roda atau tanda di trotoar bagi penyandang tuna netra.

Baca Juga: Aturan Baru SIM C Berlaku Akhir Tahun, Ada SIM Khusus untuk Moge! 

Baca Juga: Aktivis Difabel Minta Mensos Risma Tak Paksakan Kehendak

Baca Juga: Risma Paksa Difabel Rungu Bicara, PDIP: Itu Hanya Miskomunikasi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya