Sebar Provokasi, Polisi Buru Imam Mahdi-Ratu Adil Palsu di Karawang

Alamat di dalam video diduga palsu

Karawang, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat menduga alamat dari tiga orang yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil adalah alamat palsu. Lokasi yang disebutkan dalam video itu dibantah oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Ibrahim Tompo.

“Itu kontennya provokasi dan menggunakan alamat palsu,” kata dia, melalui keterangan persnya, Kamis (1/12/2022). Hal itu dipastikan setelah petugas kepolisian mendatangi lokasi yang dimaksud beberapa waktu lalu.

Menurutnya, personel kepolisian telah mendatangi langsung lokasi yang diduga berada di wilayah Dusun Liosari, Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Namun, setelah ditelusuri, alamat yang dimaksud diduga alamat palsu.

1. Polisi terus mencari keberadaan ketiga orang dalam video

Sebar Provokasi, Polisi Buru Imam Mahdi-Ratu Adil Palsu di KarawangInstagram Infokrw

Hingga saat ini, Ibrahim menyatakan jajaran kepolisian masih mencari keberadaan tiga orang tak dikenal yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil tersebut.

“Kami lagi dalami alamat-alamatnya, karena alamat (yang ada dalam video) itu tidak benar,” ujarnya.

Video itu menampilkan sepasang laki-laki dan perempuan yang duduk di atas kursi dan seorang perempuan lainnya berdiri di belakang. Laki-laki dan perempuan yang duduk itu bergantian berbicara mengenai kaitan antara kedatangannya dengan bencana alam yang terjadi belakangan ini.

2. Ketiga orang diduga tinggalkan rumah sejak sebulan lalu

Sebar Provokasi, Polisi Buru Imam Mahdi-Ratu Adil Palsu di KarawangPixabay.com/Skitterphoto

Video itu sempat viral di media sosial sehingga meresahkan masyarakat. Alih-alih menemui pembuat video, petugas gabungan hanya mendapati pakaian dan poster bergambar dan bertuliskan “Saung Agung” di rumah yang menjadi lokasi pembuatan video tersebut.

“Mereka tidak ada di rumah sejak satu bulan yang lalu dan belum diketahui keberadaannya,” kata Ketua Rukun Tetangga setempat, Kohar. Keterangan itu juga disampaikan kepada petugas yang mendatangi wilayahnya beberapa waktu lalu.

3. Orang yang ada di video itu diketahui berasal dari Purwakarta

Sebar Provokasi, Polisi Buru Imam Mahdi-Ratu Adil Palsu di Karawangilustrasi traveler atau pelawat (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Menurut Kohar, warga setempat mengetahui salah seorang yang mengaku Imam Mahdi di video itu bernama Rosid. Ada yang menyebutnya berasal dari Kecamatan Sukasari, Cibeureum, Purwakarta dan Jatiluhur.

Keberadaannya di wilayah Kabupaten Karawang diketahui untuk berkebun selama sekitar empat tahun terakhir. “Ia mempunyai lahan garapan kebun pisang dan jeruk seluas kurang lebih satu hektare,” ujar Kohar kepada petugas yang mendatanginya.

Baca Juga: Viral! Warga Karawang Mengaku Jadi Ratu Adil dan Imam Mahdi

Baca Juga: Rosid Diduga Tinggalkan Rumah Usai Mengaku Imam Mahdi dan Ratu Adil

Baca Juga: Bukan Mitos, Ular Naga Jawa Ditemukan di Hutan Sanggabuana Karawang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya