ILO-Kadin Kerja Sama, Bahas K3 dan Pencegahan COVID-19 di Tempat Kerja

Pandemi bikin industri sadar pentingnya kesehatan karyawan

Bandung, IDN Times - Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) resmi bekerja sama untuk memperkuat perlindungan pekerja serta kelangsungan usaha dengan meningkatkan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3), juga langkah-langkah pencegahan COVID-19 di tempat kerja.

Hari ini, Rabu (9/3/2022), keduanya meneken perjanjian resmi melalui pertemuan virtual untuk pelaksanaan inisiatif yang berkaitan dengan strategi tempat kerja dalam mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Tak hanya itu, upaya tersebut pun dilakukan untuk menjaga operasi bisnis yang sehat di setiap tempat kerja.

Lewat kerja sama ini, kedua belah pihak ingin meningkatkan kesadaran akan budaya pencegahan melalui layanan ILO untuk penilaian risiko COVID-19. ILO memang telah menyediakan layanan penilaian risiko gratis ke lebih dari 1.500 tempat kerja di Indonesia.

1. Penilaian risiko dapat bantu bisnis untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja

ILO-Kadin Kerja Sama, Bahas K3 dan Pencegahan COVID-19 di Tempat KerjaIlustrasi Wanita Bekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Dengan dukungan pemerintah Jepang, ILO telah mengembangkan layanan penilaian risiko ini untuk membantu bisnis menilai risiko COVID-19 di tempat kerja, dan memungkinkan pelaku bisnis mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pekerja mereka.

Bagi ILO, penilaian risiko adalah bagian dari mekanisme dan manajemen K3 yang dapat membantu bisnis mengurangi risiko dan meningkatkan keselamatan di tempat kerja.

“ILO dengan senang hati meresmikan kerja sama dengan Kadin untuk menjangkau lebih banyak pemberi kerja dan memperluas kesadaran kritis serta upaya untuk membangun rencana lingkungan kerja yang aman, melindungi pekerja dan masyarakat dari risiko COVID-19 melalui penilaian risiko,” kata Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste, Michiko Miyamoto, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (9/3/2022).

2. Pandemi menyadarkan industri bahwa keselamatan kerja adalah hal yang penting

ILO-Kadin Kerja Sama, Bahas K3 dan Pencegahan COVID-19 di Tempat Kerjaunsplash.com/@brookecagle

Di sisi lain, Adi Mahfudz, Wakil Ketua Kadin Ketenagakerjaan menggarisbawahi bahwa perhatian baru terhadap risiko kesehatan dan keselamatan selama pandemi COVID-19 mengarah pada peningkatan perlindungan pekerja dan proses bisnis yang menguntungkan.

Dia menjelaskan, pandemi telah menyadarkan dunia usaha untuk menjadikan kesehatan dan keselamatan sebagai bagian penting dari pertumbuhan ekonomi, yang secara bersamaan akan membantu pemulihan ekonomi dan membangun ketahanan di masa depan.

“Upaya bersama antara ILO dan Kadin akan berdampak positif tidak hanya pada perlindungan pekerja, tetapi juga untuk upaya pemulihan di bidang kesehatan dan ekonomi. Kami optimis situasi akan berangsur membaik, dan kami mendesak pekerja dan perusahaan untuk terus tingkatkan pengelolaan K3 dan tingkatkan kesadaran akan protokol kesehatan di tempat kerja,” kata Adi.

3. Apa saja yang diterima anggota Kadin setelah perjanjian diteken?

ILO-Kadin Kerja Sama, Bahas K3 dan Pencegahan COVID-19 di Tempat KerjaDesain kantor Berniaga.com di Jakarta karya PT Asa Adiguna // via Arsitag.com

Melalui perjanjian yang diteken, anggota Kadin akan menerima asisten teknis dari dokter dan ahli K3 untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di tempat kerja mereka. Mereka juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang standar K3 untuk mengatasi dan mencegah risiko COVID-19, guna membangun bisnis yang lebih tangguh menghadapi tantangan di masa depan.

Manfaat lain yang ditawarkan oleh layanan ini, ialah pemahaman langkah dan sarana untuk memastikan kelangsungan bisnis, pemanfaatan sumber daya dan jaringan untuk memaksimalkan perlindungan keselamatan dan kesehatan pekerja, meningkatkan ketahanan tempat kerja, dan meningkatkan dialog sosial antara pengusaha dan pekerja di tingkat perusahaan.

Penilaian risiko juga dikembangkan berdasarkan pedoman nasional untuk mendukung bisnis beroperasi lebih aman dan berkelanjutan selama pandemi.

4. Kedubes Jepang di Indonesia dukung proyek ILO dalam meningkatkan kesadaran keselamatan kerja

ILO-Kadin Kerja Sama, Bahas K3 dan Pencegahan COVID-19 di Tempat Kerja(Dok. IDN Times)

Sejauh ini pemerintah Jepang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia dalam menanggapi pandemi dengan berbagai proyek sebagai mitra strategis Indonesia. Proyek dengan ILO akan berkontribusi pada pengendalian risiko penularan COVID-19 antara pekerja di tempat kerja, serta memperkuat kapasitas pengusaha dan pekerja di K3.

“Penting untuk mengenali di mana letak risiko infeksi di setiap tempat kerja dan menerapkan tindakan pencegahan yang tepat terhadap risiko tersebut,” kata Hiroki Sasaki, Atase Tenaga Kerja Bagian Ekonomi, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Baca Juga: Demi Masa Depan Bisnis, Perusahaan Harus Fokus Keselamatan Kerja

Baca Juga: Honda Gelar Kampanye Keselamatan Berkendara ke Sekolah-sekolah

Baca Juga: 10 Potret Orang yang Abai Keselamatan Kerja, Aksinya Bikin Melongo

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya