Comscore Tracker

Ancaman Obesitas, Diet Anti Ribet Jadi Pilihan Para Wanita Produktif

Cegah obisitas dengan pola hidup sehat

Bandung, IDN Times - Bukan hanya untuk penampilan semata, berat badan ideal juga mendukung kesehatan fisik seseorang. Banyak dari kita yang telah membuat resolusi di setiap tahunnya, termasuk pada upaya penurunan berat badan, untuk menghindari bahaya obesitas.

Obesitas menjadi salah satu penyakit yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terlebih, menurut Global Nutrition Report 2021, kini obesitas pada usia 18 tahun ke atas meningkat sebesar 14,8 persen di tahun 2013, dan mencapai 21,8 persen di 2018.

“Masalah obesitas pada usia dewasa di atas 18 tahun semakin meningkat dan targetnya di 2024 tidak melebihi 21,8 persen” ungkap Bahjuri Ali, Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas.

1. Obesitas dapat mengganggu fungsi tubuh seseorang

Ancaman Obesitas, Diet Anti Ribet Jadi Pilihan Para Wanita Produktifberbagai sumber

Obesitas merupakan kondisi penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama. Adanya angka peningkatan obesitas saat ini dikaitkan dengan kurangnya aktivitas fisik dan konsumsi buah dan sayur, serta tingginya konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL).

Faktor lainnya yang tidak banyak disadari adalah pola tidur. Di usia remaja hingga dewasa, kita kerap kali menyepelekan jam tidur, padahal kekurangan ataupun kelebihan tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar terus terjadi. Sehingga, ketika ada kesempatan makan, seseorang cenderung tidak dapat mengontrol dirinya untuk makan berlebih.

Obesitas dikatakan sebagai penyakit dikarenakan dapat mengganggu fungsi tubuh seseorang. Obesitas dapat meningkatkan disfungsi jaringan adiposa dan kekuatan fisik massa lemak abnormal yang mengakibatkan konsekuensi kesehatan metabolik, biomekanik, dan psikososial. Sehingga tentunya tidak boleh dianggap remeh karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung, diabetes melitus, hingga tekanan darah tinggi.

2. Cegah obisitas dengan pola hidup sehat

Ancaman Obesitas, Diet Anti Ribet Jadi Pilihan Para Wanita ProduktifWebsite

Menurut Direktur Herwell Christian Dicky, upaya pencegahan obesitas dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal utama untuk memerangi obesitas adalah dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

“Selain kegiatan fisik, kita juga bisa mengurangi makan berlebih dan jenis makanan yang tinggi akan gula, garam dan minyak, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta mengatur pola istirahat dengan baik, adalah tameng memerangi bahaya obesitas” ujarnya.

Herwell sebagai salah satu brand lokal meal replacement dan suplemen diet, memberikan perhatian pada permasalahan obesitas saat ini. Bertepatan dengan tema Hari Gizi Nasional ke-62 pada Selasa (25/01/2022), “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”, Herwell siap mendukung aksi tersebut dengan tiga produk unggulannya.

3. Manfaatkan Herslim, Hervibe, dan Herlean dari Herwell

Ancaman Obesitas, Diet Anti Ribet Jadi Pilihan Para Wanita ProduktifIDN Times/Istimewa

Untuk mengurangi porsi makan berlebih namun tetap bernutrisi tinggi, Herslim dari Herwell hadir sebagai minuman pengganti sarapan dan makan malam (meal replacement) bernutrisi tinggi dengan rasa coklat. Kandungan casein dan multigrains pada Herslim membuat tubuh kenyang lebih lama. Herslim juga dilengkapi dengan kandungan susu kolostrum dan L-Carnitine, yang membantu menghasilkan sumber energi lebih serta memelihara daya tahan tubuh selama menjalankan program diet.

Hervibe sebagai produk kedua dari Herwell berfungsi untuk mengikat minyak dan tepung serta kolesterol berlebihan dalam tubuh serta melancarkan sistem pencernaan, sehingga membantu dalam menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat dalam Hervibe ialah serat psyllium husk, yang dapat melancarkan buang air besar, dan mampu melapisi dinding usus agar terhindar dari plak penyebab kanker usus. Kandungan lainnya ada inulin, untuk mengontrol gula darah, dan EGCG yang dapat menghambat pembentukan sel lemak dan sangat baik untuk metabolisme. Dengan kandungan tersebut, Hervibe tidak hanya membuang minyak dan tepung berlebih, tapi juga memberikan nutrisi.

Produk yang ketiga yaitu Herlean, hadir untuk membantu menahan nafsu makan. Hydroxycitric Acid (HCA), menjadi kandungan unggulan yang ada dalam Herlean dan telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan hormon serotonin yang dapat mengendalikan nafsu makan dengan memperlambat proses pembentukan gula menjadi lemak tubuh. Kandungan lain dalam Herlean ada Phaseolus Vulgaris yang berperan sebagai carbo blocker dan penghambat pemecahan karbohidrat kompleks. Dan kandungan Capsicum, EGCG, serta Paullinia Cupana berfungsi untuk meningkatkan metabolisme pembakar kalori lebih banyak.

“Cara konsumsi Herwell yang praktis menjadi alasan kenapa produk ini sangat anti ribet dan jadi pilihan. Terlebih kandungan-kandungan pada produk yang dapat memberikan energi untuk beraktivitas juga sangat berperan” ujar Direktur Herwell Christian Dicky dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya