Comscore Tracker

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan Nyaman

Liburan di Bandung aman dengan menerapkan 3M

Oktober 2020 diakhiri dengan momen libur panjang. Semua orang sudah bersiap-siap untuk melakukan traveling.

Kota Bandung pun menjadi salah satu destinasi yang akan dikunjungi para wisatawan. Selama pandemi COVID 19, tidak bisa sesukanya berkunjung begitu saja maka harus dilakukan beberapa tips agar liburan tetap aman dan nyaman.

7 Tips aman dan nyaman ini perlu diperhatikan oleh semua wisatawan khususnya yang hendak berlibur di Kota Bandung.

1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan NyamanPexels.com/VisionPic.net

Pandemi atau tidak, ketika hendak melakukan liburan harus dipastikan kondisi tubuh sehat. Jika sedang demam atau flu sebaiknya ditunda dan lebih baik di rumah saja hingga membaik.

Ini sebagai antisipasi sebagai keselamatan diri dan orang sekitar agar tidak adanya klaster baru di akhir Oktober ini.

2. Disiplin 3M

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan Nyamanbing.com

Semua warga negara wajib disiplin menerapkan 3M selama pandemi, diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Seharusnya warga sudah terbiasa melakukan 3 hal penting ini, namun ternyata masih ada yang melanggar sehingga harus saling mengingatkan.

Pastikan masker yang digunakan sesuai dengan standar kesehatan, kemudian semaksimal mungkin untuk disiplin jaga jarak dengan wisatawan lain, dan membawa handsanitizer.

3. Petakan destinasi wisata yang akan dikunjungi selama di Bandung

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan NyamanDok. Pribadi/ Agithyra Nidiapraja

Bandung memiliki destinasi wisata yang super banyak. Sebelum berangkat liburan petakan terlebih dahulu objek wisata yang hendak dikunjungi.

Pastikan destinasi tersebut tidak begitu ramai pengunjung, menerapkan protokol kesehatan, dan memang sudah dibuka untuk umum. Sebisa mungkin cari destinasi wisata yang terbuka cukup mendapat sinar matahari, kalaupun di dalam ruangan pastikan sirkulasi udaranya baik.

4. Lakukan rapid tes atau swab

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan NyamanInstagram.com/michellejoan_

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengantisipasi adanya klaster baru di sektor pariwisata dengan mengadakan rapid dan swab tes secara random kepada wisatawan yang hendak masuk ke Jabar.

"Ini akan berbeda dari dulu, maaf untuk para pemudik akan mendapat tes swab atau rapid secara acak," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam konferensi pers, Senin (26/10/2020).

Sehingga untuk antisipasi diri, lebih baik lakukan rapid tes terlebih dahulu sebelum masuk Bandung. Ini sebagai upaya agar tidak ada wisatawan yang tertular maupun menularkan virus.

5. Jika perlu, pakai alat pelindung diri tambahan

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan NyamanPexels/ian panelo

Selain wajib memakai masker, sebagai bentuk keamanan dan kenyamanan selama liburan di Bandung pakai face shield. Tentunya jangan sampai melanggar protokol kesehatan agar pulang liburan tetap sehat.

6. Bawa logistik pribadi

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan Nyamanunsplash.com

Dianjurkan untuk membawa logistik pribadi dari rumah seperti tempat minum, sendok, garpu, alat shalat, dan payung karena Bandung sudah memasuki musim hujan. Sebelum berangkat pastikan terbih dahulu, barang-barang tersebut sudah masuk ke dalam ransel.

7. Solo traveler

Perhatikan 7 Tips Ini Agar Liburan di Bandung Aman dan Nyamanpexels.com/Tranmautritam

Nah, liburan paling asik memang bareng teman atau rombongan keluarga besar. Namun tahan dulu, selama pandemi COVID 19, liburan paling aman adalah solo traveling.

Kalau pun hendak liburan bersama, sebisa mungkin untuk saling mengingatkan akan protokol kesehatan. Agar semua aman, nyaman dan dunia normal kembali seperti sebelumnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 10 Destinasi Alam yang Wajib Dikunjungi Selama Liburan di Bandung

Baca Juga: Libur Panjang di Bandung, 10 Makanan Ini Cocok Jadi Oleh-oleh Favorit

Topic:

  • Siti Fatonah
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya