Comscore Tracker

Mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air di Pelosok Kebun Teh

Berenang di kejernihan mata air

Bandung Barat, IDN Times - Kabupaten Bandung Barat memang selalu menjadi salah satu primadona wisata alam di Jawa Barat. Baik air terjun, sungai, pegunungan, bahkan mata air alaminya menjadi daya tarik bagi traveler.

Dari sekian banyak lokasi wisata alam, Sendang Geulis Kahuripan menjadi opsi paling recommended bagi sobat milenial yang ingin berenang menikmati kesegaran mata air asli Cikahuripan.

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan berada di wilayah RPH Cikalong Wetan, BPKH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Secara administratif, objek wisata ini berlokasi di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

1. Air kehidupan untuk tiga desa

Mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air di Pelosok Kebun TehIDN Times/Bagus F

Mata air di Sendang Geulis Kahuripan ini mampu mengairi tiga desa di sekitranya. Meski kemarau panjang melanda, debit air di mata air ini tidak pernah surut.

Sebelum dibuka menjadi objek wisata, mata air ini dikenal warga dengan sebutan Cikahuripan. Dengan penamaan tersebut, warga memaknainya sebagai 'air kehidupan' yang menghidupi warga sekitar.

Menurut pengelola objek wisata Sendang Geulis Kahuripan, Abah Kusnadi menjelaskan, penamaan Sendang Geulis Kahuripan berangkat dari keindahan mata air untuk kebutuhan hidup warga yang memesona.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) "Sendang" berarti kolam di pegunungan. Abah Kunadi menuturkan, Kata Sendang memang dinilai lebih tepat dibanding kata "Sindang" seperti banyak orang melafalkan. Sebab kata "Sindang" dalam bahasa sunda memiliki arti mampir.

Sedangkan, kata "Geulis" dalam bahasa Sunda berarti cantik. Lalu kata "Kahuripan" bisa diartikan dengan kehidupan. Jadi jika diartikan makna "Sendang Geulis Kahuripan" adalah kolam di pegunungan yang bersumber dari mata air dengan pemandangan yang cantik yang mampu memberi sumber air kehidupan untuk warga sekitar.

2. Cocok untuk berswafoto dalam air

Mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air di Pelosok Kebun TehIDN Times/Bagus F

Tak salah, penyematan kata 'Geulis' pada nama objek wisata ini memang sangat mewakili keindahan Sendang Geulis Kahuripan. Lokasi mata air yang Instagramable, kejernihan air yang ditampung dalam kolam, kesegaran udara perbukitan Cikalong Wetan dan rimbun pepohonan yang menghantarkan suasana alam semakin syahdu.

Ada dua kolam di lokasi wisata ini. Kolam pertama yang menampung air langsung dari keluarnya mata air dengan ukuran 7x12 meter. Kolam kedua, berada di bawah kolam pertama dengan ukuran beberapa kali lipat lebih besar. Kolam kedua juga menampung air dari sumber mata air yang tak kalah jernih.

Bagi wisatawan yang ingin berswafoto di dalam air, Sendang Geulis Kahuripan ini sangat recommended untuk dicoba.

3. Jalan ke lokasi memacu adrenaline

Mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air di Pelosok Kebun TehIDN Times/Bagus F

Akses jalan menuju objek wisata Sendang Geulis Kahuripan bisa ditempuh dengan beberapa jalur. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung disarankan menggunakan roda dua demi kelancaran perjalanan.

Jika wisatawan dari arah Purwakarta, wisatawan bisa masuk melalui kantor perkebunan teh Panglejar. Adrenaline di atas jalan bebatuan juga diuji. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pesona keindahan kebun teh yang membentang luas diperbukitan.

Jalur lain, jika wisatawan dari arah Padalarang, sekitar 4 kilometer di sebelah kanan terdapat gapura dengan bentuk nanas atau biasa warga menyebutnya Tugu Nanas di Desa Ganjarsari. Melalui jalur ini, perjalanan menuju lokasi akan menjumpai aspal rusak dan jalanan menyempit. Namun, panorama alam juga tak kalah luar biasa menemani perjalanan.

4. Hanya dengan Rp10 ribu

Mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air di Pelosok Kebun TehIDN Times/Bagus F

Pengelolaan Sendang Geulis Kahuripan ini sudah cukup baik. Di sekitar lokasi sudah disediakan tempat bilas, ruang ganti pakaian dan warung yang menyediakan jajanan dan nasi liwet khas pedesaan.

Untuk bisa menikmati kesegaran berenang di mata air ini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup Rp. 10ribu per orang kolam bisa langsung diselami.

Sendang Geulis Kahuripan ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya