Comscore Tracker

Kotak Suara Rusak di KPU Kabupaten Cirebon Bertambah Jadi 2.298 Unit

Kotak suara rusak karena terendam air hujan

Kuningan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon terus melakukan pendataan terhadap kotak suara yang rusak akibat tergenang air hujan. Berdasarkan data terakhir, jumlah kotak suara yang rusak bertambah menjadi 2.298 dari sebelumnya yang hanya 698 unit.

Saat ini, KPU Kabupaten Cirebon langsung meminta penggantian ribuan kotak yang rusak ke KPU pusat. Mengingat, pelaksanaan pencoblosan Pileg dan Pilpres 2019, tinggal 2 bulan lagi.

1. Kotak suara rusak akibat terendam air hujan bertambah

Kotak Suara Rusak di KPU Kabupaten Cirebon Bertambah Jadi 2.298 UnitIDN Times/Rehan

KPU Kabupaten Cirebon memastikan kerusakan kotak suara yang disimpan di gudang logistik akibat tergenang air hujan bertambah. Berdasarkan pendataan terakhir, kerusakan kotak suara yang basah karena terendam air itu mencapai 2.298 kotak.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuffin Jazuli mengatakan, akan segera mengajukan penggantian kotak suara baru kepada KPU pusat. Ribuan kotak suara yang rusak itu akibat terkena genangan air karena atap gudang logistik KPU bocor saat hujan deras pada Minggu(10/2), lalu.

"Dari data tersebut kami segera mengajukan penggantian ribuan kotak suara baru kepada KPU RI," kata Saefuddin, Rabu(13/2).

2. KPU Kabupaten Cirebon cari gudang baru untuk simpan kotak suara

Kotak Suara Rusak di KPU Kabupaten Cirebon Bertambah Jadi 2.298 UnitIDN Times/Rehan

Ia menyebutkan, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan kembali, KPU Kabupaten Cirebon sedang mencari lokasi gudang baru untuk menyimpan ribuan kotak suara yang masih dalam kondisi baik.

"Kami cari gudang baru untuk menyimpan ribuan kotak suara yang masih layak," ujar dia.

3. Genangan air merendam gudang logistik karena atap bocor

Kotak Suara Rusak di KPU Kabupaten Cirebon Bertambah Jadi 2.298 UnitIDN Times/Rehan

Saefuddin menyebutkan, rusaknya ribuan kotak suara akibat terendam genangan air hujan itu berasal dari atap yang bocor. Air hujan yang menggenang itu bukan hanya masuk dari pintu masuk gudang logistik. Namun, ditemukan 14 titik kebocoran yang berasal dari atap gudang.

"Hasil temuan bawaslu, rusaknya ribuan kotak suara ini bukan hanya berasal dari pintu masuk gudang. Tapi, ada 14 titik kebocoran dari atap gudang yang membasahi ribuan kotak suara," kata dia.

4. KPU sudah lakukan SOP dengan memberikan alas palet

Kotak Suara Rusak di KPU Kabupaten Cirebon Bertambah Jadi 2.298 UnitIDN Times/Rehan

Untuk menghindari kerusakan akibat basah terkena air, KPU Kabupaten Cirebon telah menjalankan SOP dalam penyimpanan barang logistik keperluan Pileg dan Pilres 2019. Menurut Saefuddin, anggotanya telah memberikan alas palet atau bantalan kayu dibagian bawah kotak suara agar terhindar dari genangan air saat terjadi banjir.

"Ribuan kotak suara yang masih kondisi baik sudah dipindahkan ketempat lebih aman. Kami juga sudah memberikan alas palet atau bantalan kayu di bagian bawah kotak suara," ungkap dia.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya