Rayuan BIJB,  Transportasi Darat dari-Menuju Bandara Gratis Sebulan

Program tersebut tidak hanya untuk calon penumpang pesawat

Majalengka, IDN Times- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar terus memanjakan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Pada akhir 2023 ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan yakni menggratiskan biaya untuk moda transportasi dari dan menuju BIJB. 

Program tersebut guna menarik minat masyarakat untuk beraktivitas di bandara yang sempat mati suri, setelah diresmikan pada 2018 lalu. 

"Tadi pagi saya meluncurkan shuttel antar moda ke Kertajati. Itu (berlaku) sampai 30 Desember, tidak dikenakan biaya. Itu jadi salah satu cara kita mempromosikan Kertajati," kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, di BIJB, Jumat (1/12/2023

1. Angkutan gratis satu bulan penuh dari dan ke BIJB

Rayuan BIJB,  Transportasi Darat dari-Menuju Bandara Gratis SebulanInin Nastain IDN Times/ Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin

Program tersebut berlangsung cukup lama, yakni selama 1 bulan penuh, yang dimulai per hari ini, Jumat (1/12/2023). Program tersebut akan dinikmati oleh masyarakat dari beberapa daerah, tidak hanya dari Bandung saja.

"(Kuota) 16 ribu tiket. Mulai hari ini. Dari Bandung beberapa titik. Dari Cirebon, Bandung, Purwakarta, Subang," kata Bey.

Bey mengatakan, program gratis itu tidak hanya untuk moda transportasi milik pemerintah saja. Hal serupa juga berlaku untuk angkutan dari pihak swasta.

"Di Bandung juga ada di Kebon Kawung, itu untuk DAMRI. Tapi yang swasta juga digratiskan," papar dia.

"Itu kan upaya kita meningkatkan ketertarikan masyarakat kepada Kertajati," lanjut Bey.

2. Program tidak hanya untuk penumpang pesawat

Rayuan BIJB,  Transportasi Darat dari-Menuju Bandara Gratis SebulanBandara Kertajati resmi dioperasikan secara penuh pada Minggu (29/10/2023) (dok. BKIP Kemenhub)

Bey menjelaskan, program tersebut tidak hanya berlaku untuk masyarakat yang akan naik pesawat saja. Program tersebut, jelas dia, berlaku untuk semua masyarakat, baik yang akan menggunakan pesawat di BIJB ataupun tidak. 

"Siapapun, tidak hanya penumpang (pesawat)," ungkap dia.

Bey menegaskan, program tersebut sekaligus untuk menyambut libur natal dan tahun baru (nataru). Lewat program itu diharapakan BIJB bisa lebih dikenal secara luas.

"Kenapa tidak hanya penumpang? Jadi masyarakat juga banyak yang minat untuk ke Kertajati. Iya antara lain (sambut Nataru), tapi kami siapkan ini untuk mengenalkan Kertajati," tegas dia

3. BIJB klaim akses ke bandara semakin mudah

Rayuan BIJB,  Transportasi Darat dari-Menuju Bandara Gratis SebulanInin Nastain (IDN Times)/ suasana di terminal pemberangkatan internasional BIJB

Dengan adanya program tersebut, ke depan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh terkait akses yang susah. 

"Dukungan pemerintah provinsi untuk masyarakat Jawa Barat yang akan mengakses ke bandara dengan adanya program tiket gratis ini menjadi sangat mudah dan masyarakat akan terlayani lebih baik," kata Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih.

Dirut kembali meyakinkan masyarakat bahwa ke depan, untuk melakukan penerbangan dari dan ke BIJB akan semakin mudah. 

"Dari kota-kota menuju bandara itu aksesnya mudah, aksesnya gampang, antar modanya juga ada, dan bahkan untuk sementara waktu ini diberikan promosi-promosi dengan digratiskan dari Kertajati menuju kota-kota tujuan atau sebaliknya," papar dia 

Baca Juga: Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam

Baca Juga: Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB Kertajati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya