Comscore Tracker

Viral! Pengendara Motor Terobos Perlintasan KA dan Hampir Tabrak Petugas

Sudah gak pakai helm, bawa motornya ugal-ugalan lagi

Bandung, IDN Times - Sebuah video yang viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor yang menerobos palang perlintasan kereta api (KA) di Cikudapateuh, Kosambi, Kota Bandung.

Pengendara yang membawa sepeda motornya secara ugal-ugalan itu bahkan hampir menabrak relawan perlintasan dari komunitas Edan Sepur Wilayah II Bandung yang tengah bertugas menjaga lalu lintas di sekitar palang KA, Jumat (21/2).

Dalam tayangan 30 detik yang diunggah akun @edansepurid, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm itu datang dari Jalan Kembang Sepatu menyeberang ke arah Jalan Gudang Utara dengan kecepatan tinggi.

Pria berambut gondrong itu menghiraukan imbauan dari petugas dan relawan perlintasan yang berjaga. Padahal, saat itu palang perlintasan kereta sudah tertutup.

1. Oknum yang berkendara itu juga sempat berkata kasar kepada relawan

Viral! Pengendara Motor Terobos Perlintasan KA dan Hampir Tabrak PetugasInstagram/edansepurid

Humas Edan Sepur Wilayah 2 Bandung Abdullah Putra Gandara mengatakan, pengendara sepeda motor itu telah memacu kendaraannya dengan kencang sebelum melewati rel. Dia menjelaskan, kejadian ini bermula ketika para relawan sedang ikut membantu petugas untuk menjaga arus lalu lintas. Biasanya kendaraan yang menerobos datang dari arah Jalan Ahmad Yani, tapi pengendara ini datang dari arah Jalan Kembang Sepatu.

"Dia bicara kasar segala macam, sebelum belok (ke Gudang Utara) dia mengacungkan jari tengah, sambil maki-maki," ujar Abdullah, Sabtu (22/2).

2. Petugas mau memberhentikan tapi pengendara terus memacu kecepatan motor

Viral! Pengendara Motor Terobos Perlintasan KA dan Hampir Tabrak PetugasInstagram/edansepurid

Sejumlah petugas Dishub dan relawan sempat berusaha menghentikan sepeda motor tersebut, namun urung karena pengendara melaju kencang dan khawatir malah membahayakan petugas.

"Mau ditangkap tapi keburu maju, saya tidak tahu kondisi pengendara itu kenapa. Memang banyak yang melanggar di perlintasan Kosambi itu, makanya kita siaga di sana juga," katanya.

3. Masih banyak kendaraan yang melakukan pelanggaran di perlintasan KA

Viral! Pengendara Motor Terobos Perlintasan KA dan Hampir Tabrak PetugasInstagram/edansepurid

Dalam aksi siaga perlintasan kemarin, ujar Abdullah, ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan, di antaranya lima kendaraan roda dua (R2) yang menerobos palang, 73 R2 menerobos arus, 83 R2 memutar arah, 103 R2 berboncengan lebih dari dua orang, dan ada juga pengendara yang tidak memakai helm sekitar 693 orang.

Abdullah menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun, jumlah korban tertabrak kereta di pintu perlintasan dari tahun ke tahun terus menurun. Meski demikian, dia belum mendapat detail untuk angka penurunan tersebut.

Ia mengimbau agar pengendara tak sadar dan nekat menerobos pintu perlintasan rel kereta api, karena selain mengancam keselamatan diri sendiri juga bakal menghambat arus lalu lintas kereta api.

"Kereta api juga rugi, karena selain harus mengangkut, juga ada pengecekan sarana dan prasarana agar kembali normal," katanya.

Baca Juga: Awal 2020, Empat Tabrakan di Perlintasan Kereta Api Daop Madiun

Baca Juga: [FOTO] Melihat Eksekusi Lahan untuk Proyek Kereta Cepat di Padalarang

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya