Comscore Tracker

Terapi Difabel Kini Gratis, Rumah Cinta Inklusi Hadir di Bandung

Anak berkebutuhan khusus perlu terapi yang rutin

Bandung, IDN Times - Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Kota Bandung meresmikan tempat untuk terapi anak berkebutuhan khusus. Tempat itu diberi nama Rumah Cinta Inklusi, yang mana nantinya menjadi tempat aman bagi keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mengikuti terapi secara gratis.

Hal ini disampaikan Ketua Umum RBM Kota Bandung Siti Muntamah. Rumah Cinta Inklusi akan dibuka selama tiga hari dalam satu pekan, di mana terapi dilakukan pagi dan sore hari.

"Setiap hari nantinya bisa ada lima sampai delapan peserta, dibantu sejumlah relawan pengajar,' ujar Siti dalam peresmian Rumah Cinta Inklusi di Gedung YKI, Jalan Cikutra, Bandung, Rabu (30/9/2020).

1. Keluarga ABK juga akan diajarkan tata cara terapi di sini

Terapi Difabel Kini Gratis, Rumah Cinta Inklusi Hadir di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Siti mengatakan, selain para ABK yang mendapatkan terapi, nantinya para pendamping khususnya keluarga juga akan diberikan pelatihan terkait tata cara terapi yang benar. Harapannya, para keluarga ke depan bisa melakukan terapi secara mandiri di rumah sehingga tidak harus selalu datang ke rumah cinta inklusi.

"Secara bertahap akan dievaluasi. Tergantung hasil pemeriksaan dari RSHS apakah bisa dilepas setelah dua pekan atau satu bulan, tergantung pasien dan keluarganya," kata dia.

Yang jelas, lanjut Siti, dia mengajak keluarga untuk lebih ramah kepada penyandang disabilitas yang berada di lingkungan rumah. Karena, mereka yang masuk dalam kategori ABK biasanya membutuhkan rasa cinta yang lebih besar dan mendalam.

2. Untuk keluarga yang ingin terapi tinggal mendaftar ke perwakilan di kelurahan atau datang langsung

Terapi Difabel Kini Gratis, Rumah Cinta Inklusi Hadir di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk bisa mengakses fasilitas ini, masyarakat bisa bertanya ke petugas kelurahan. Saat ini petugas RBM sudah ada di setiap kelurahan agar mempermudah siapapun yang akan ikut terapi di Rumah Cinta Inklusi.

Jika tidak, keluarga bisa mencari informasi ke kelurahan untuk mendapatkan Google Form yang nantinya harus diisi. Data ini bakal digunakan untuk mengatur jadwal terapi.

"Bisa juga kalau mau datang ke sini nanti akan dibantu untuk pendaftaran," papar Siti.

3. Targetkan 100 ABK ikut serta sampai akhir tahun

Terapi Difabel Kini Gratis, Rumah Cinta Inklusi Hadir di BandungDok.IDN Times/Istimewa

RBM Kota Bandung pun menargetkan setidaknya bisa 100 ABK bisa ikut melakukan terapi di Rumah Cinta Inklusi. Sejauh ini sudah cukup banyak ABK yang terdaftar sehingga dalam waktu dekat kegiatan di rumah ini bisa berlangsung.

Siti berharap dengan adanya terapi ini para penyandang disabilitas ke depannya tidak lagi mendapat stigma negatif di kalangan masyarakat.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded M Danial bersyukur dengan adanya tempat ini. Rumah Cinta Inklusi diharap mampu merangkul para ABK beserta keluarga untuk bisa membangun keharmonisan bersama-sama.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya