Satu Juta Anggota Organda Jabar Diimbau Segera Daftar MyPertamina

Jangan sampai subsidi BBM salah sasaran

Bandung, IDN Times - PT Pertamina melakukan pertemuan dengan organisasi angkutan darat (organda) Jawa Barat. Pertemuan tersebut dilakukan demi menyukseskan program pemerintah dalam pembelian bahan bakar minyak (bbm) bersubsidi tepat sasaran menggunakan aplikasi MyPertamina.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung Fachrizal Imaduddin mengatakan, Pertamina akan memberikan kemudahan kepada masyasrakat yang berkah mendapatkan bbm bersubsidi, yaitu pertalite dan solar. Termasuk angkutan kendaraan umum yang nantinya bisa mendapatkan bbm jenis tersebut untuk operasionalnya.

"Kami di sini komitmen bagaimana bisa membantu teman-teman organda mendapatkan subsidi-nya sesuai dengan ketentuan. Maka kami akan turun langsung ke masing-masing DPC organda di seluruh jawa barat untuk mendata," ujar Fachrizal dalam diskusi dengan perwakilan Organda Jabar di Bandung, Senin (11/6/2022).

1. Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak 1 Juli

Satu Juta Anggota Organda Jabar Diimbau Segera Daftar MyPertaminaHalaman utama aplikasi MyPertamina. (dok. Tangkapan Layar IDN Times/Vadhi Lidyana).

Berdasarkan data Organda Jabar, ada sekitar 1 juta lebih anggota yang tergabung. Setiap anggota ada yang mempunyai lebih dari satu kendaraan.

Karena banyaknya kendaraan milik anggota organda, Pertamina berharap mereka segera mendaftarkan seluruh kendaraan yang berhak mendapatkan subsidi. Pendaftaran ini juga penting untuk memastikan berapa banyak suplai bbm subsidi yang harus disiapkan di Jawa Barat termasuk untuk kebutuhan organda.

Menurut Fachrizal, informasi mengenai 1 juli yang sudah harus menggunakan MyPertamina dalam membeli bbm subsidi kurang tepat. Tanggal tersebut adalah dimulainya proses pendaftaran oleh masyarakat.

"Kami mengajak seluruh pihak yang merasa berhak mendapatkan subsidi untuk bsia melakukan pendaftaran di website kami. Data masih terus berjalan dan kami mohon maaf kalau sedikit terkendala karena memang saat ini proses pendaftaran padat ya trafficnya," kata dia.

2. Sudah seharusnya mobil plat kuning dapat subsidi

Satu Juta Anggota Organda Jabar Diimbau Segera Daftar MyPertaminaPertalite. (Dok. Pertamina)

Sementara itu, Ketua Organda Jabar Dida Supridna menyebut bahwa kendaraa plat kuning termasuk angkutan umum dan barang sudah seharusnya mendapatkan subsidi bbm dari pemerintah. Jangan sampai justru kendaraan plat hitam yang dimiliki orang kaya mendapatkan bantuan tersebut.

Dengan adanya program ini organda menyambut baik. Karena aturan tersebut bisa memastikan siapa saja yang berhak mendapatkan subsisi bbm. "Sudah seharusnya ada pencanangan ini dari pemerintah agar subsidi tepat sasaran," kata dia.

3. Pendataan bakal dilakukan langsung oleh Pertamina

Satu Juta Anggota Organda Jabar Diimbau Segera Daftar MyPertaminaKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa).

Terkait pendataan organda di daerah, Dida menuturkan bahwa nanti yang bakal turun ke lapangan adalah perwakilan dari PT Pertamina. Pendataan tersebut dilakukan agar lebih valid.

Komunikasi dengan organda di daerah pun penting agar tidak ada salah persepsi dari mereka kepada pemerintah termasuk PT Pertamina.

Baca Juga: Pemprov Jabar Akui Sosialisasi MyPertamina Belum Masif

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya