Pemkot Bandung Pasrah Penerbangan dari Husesin Dipindah ke Kertajati 

Perpindahan ini akan dilakukan mulai 29 Oktober

Bandung, IDN Times - Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, pasrah dengan kebijakan pindahnya penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati, di Kabupaten Majalengka. Perpindahan ini rencananya akan dilakukan akhir Oktober 2023, nanti.

Menurutnya, Bandung sebagai tempat kedatangan pesawat akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat, khususnya dalam setiap kebijakan mengenai perpindahan pesawat dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Meskipun kondisi ini jelas memberikan dampak pada Kota Bandung khususnya dari segi ekonomi.

"Kan kami tidak mungkin dalam perspektif dan operasional kebijakan yang bertentangan. Ya kami harus sejalanlah. Kami amankan, sukseskan, apa yang menjadi kebijakan Pak Presiden. Dan saya yakinlah semua ini kan sudah mulai menyesuaikan," kata Ema, Rabu (13/9/2023).

1. Tranportasi dari Kertajati ke Bandung harus dioptimalkan

Pemkot Bandung Pasrah Penerbangan dari Husesin Dipindah ke Kertajati Kertajati Internasional Airport (Instagram.com/kjt_airport)

Untuk menjaga agar Bandung masih menjadi destinasi bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri, Ema berharap transportasi dari Bandara Kertajati ke Kota Bandung berjalan maksimal.

Dia khawatir ketika transportasi ke Bandung tidak memadai maka orang yang ingin datang ke kota ini memilih berwisata ke daerah lain.

"Saya yakin dalam masa transisi pengaruh ada, tapi saya yakin di masa itu pula nanti akan terjadi proses penyesuaian," papar Ema.

2. Pesawat baling-baling masih bisa gunakan Bandara Husein

Pemkot Bandung Pasrah Penerbangan dari Husesin Dipindah ke Kertajati (Bandara Husein Sastranegara) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung akan mulai sepi dari penerbangan komersil per 29 Oktober 2023. Pesawat 'berbadan besar' yang selama ini mengangkut penumpang bakal dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin usai menggelar rapat pimpinan di Gedung Sate, Kamis (7/9/2023).

"Kami telah koordinasi bersama Kementerian Perhubungan, bahwa per 29 Oktober 2023 semua penerbangan yang di Husein Sastranegara dipindahkan ke Kertajati kecuali pesawat baling-baling," kata Bey Machmudin dikutip IDN Times dari ANTARA, Jumat (8/9/2023).

Untuk pesawat baling-baling, kata Bey, tetap di Bandara Husein Sastranegara dan melayani penerbangan dari bandara di tengah Kota Bandung tersebut.

"Untuk yang baling-baling, masih diperbolehkan di Husein Sastranegara, sekitar satu tahun lagi," ucapnya.

 

3. Akan ada koneksi dari berbagai daerah ke Kertajati

Pemkot Bandung Pasrah Penerbangan dari Husesin Dipindah ke Kertajati IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Muhammad Taufiq Budi Santoso mengatakan dengan dioperasikannya Bandara Kertajati seperti instruksi pemerintah pusat, akan ada koneksi penerbangan kembali ke beberapa kota di beberapa provinsi seperti Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, Bali dan lainnya.

"Kemudian ada empat atau lima airline yang nanti akan bergerak ke Kertajati yang semula dari Bandung, termasuk dua airline yang ke luar negeri ke Kuala Lumpur," ucapnya.

Baca Juga: BIJB Kertajati Beroperasi, Pasar Baru Bandung Bidik Wisatawan Asing

Baca Juga: Bandara Husein Sastranegara Tetap Beroperasi Hingga Oktober 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya