Comscore Tracker

Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJB

Layanan gratis, penumpang cukup perlihatkan tiket pesawat

Bandung, IDN Times - Dua bus berwarna putih bertuliskan Damri di bagian sisinya terparkir di pool, Jalan Kebun Kawung, tepatnya di dekat Stasiun Bandung. Sejumlah pekerja tampak memperbaiki bagian mesin bus yang disediakan Perum Damri untuk mengangkut penumpang yang akan berangkat ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Pegawai BIJB yang berada di pool Perum Damri, Ardiansyah mengatakan, bus yang terparkir ini memang disediakan untuk memberangkatkan penumpang dari Bandung menuju BIJB. Bahkan sejak Minggu (30/6) sudah ada bus yang berangkat meski penumpangnya tidak banyak.

"Kita sudah mulai memberangkatkan bus sejak pukul 04.00 WIB. Ada sekitar 10 penumpang yang jalan," kata Ardiansyah.

Dia mengatakan, jumlah ini memang belum maksimal karena penerbangan yang menggunakan BIJB belum banyak, baru Air Asia. Sedangkan per tanggal 1 Juni 2019, sesuai arahan Menteri Perhubungan, bus akan siap sedia dari pukul 02.00 WIB.

"Besok akan banyak penumpang karena penerbangan kan sudah mulai pindah banyak," ujarnya.

1. Tiket bus digratiskan

Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJBIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk menarik minat penumpang dan memberikan promo atas pemindahan sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB, Kementerian Perhubungan, Manajemen BIJB, dan Perum Damri akan menggratiskan tiket bus. Diharap dengan tiket yang tidak berbayar ini calon penumpang tetap menggunakan BIJB ketika ingin bepergian ke luar Pulau Jawa, tidak justru beralih ke Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Soekarno-Hatta.

Rian, sapaan Ardiansyah, mengatakan, penggratisan tiket bus Damri dari Bandung menuju BIJB tidak dilakukan selamanya. Ini hanya berlaku untuk satu bulan ke depan sesuai perjanjian antara manajemen BIJB dengan Perum Damri.

"Kalau normal nanti harga tiketnya Rp75 ribu per orang," kata dia.

2. Harus penyiapkan tiket baik dalam bentuk online atau sudah tercetak

Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJBtwitter.com/ewinnussy

Ketika ingin mengakses bus Damri dari Bandung ke Bandara Kertajati, penumpang diwajibkan memperlihatkan tiket kepada petugas untuk mendapat nomor antrean. Tiket ini bisa diperlihatkan baik yang berbentuk daring (online) yang ada di gawai pintar maupun berbentuk kertas yang sudah dicetak.

Ini mutlak karena program penggratisan bus ke BIJB memang dilakukan guna mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya. Jangan sampai bus Damri ini justru digunakan mereka yang tidak punya kepentingan di BIJB.

"Itu sudah kewajiban dari manajemen seperti itu. Yang prioritas yang berangkat mereka yang ada tiket," kata Rian.

Sedangkan bagi mereka yang ingin mengantarkan sanak saudara atau keluarga menggunakan bus, kemungkinan tidak bisa ikut. Jikalau memang ada kursi kosong di bus maka mereka harus membayar tiket secara utuh.

3. Siapkan bus tambahan

Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJBIDN Times/Debbie Sutrisno

Rian mengatakan, sejauh ini pihaknya menyediakan bus sebanyak lima armada yang akan pulang pergi ke BIJB dari pool Damri di Bandung. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan armada tambahan karena ditakutkan penumpang yang menggunakan bus membludak seiring rute pesawat di BIJB Kertajati cukup banyak.

"Ada nanti kalau satu bus tidak cukup berangkat lagi tambahan bus-nya," ungkap Rian.

4. Sosialisasikan pemindahan rute penerbangan

Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJBIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, aktivitas terlihat masih ramai. Penumpang yang datang maupun berangkat dari bandara ini padat.

Salah satu penumpang di Bandara Husein, Setya, mengatakan, dia sudah mengetahui mengenai pemindahan sebagian rute penerbangan dari Bandara Husein ke BIJB Kertajati baik melalui pemberitaan maupun media massa.

"Ya saya sudah tahu dan itu jadi pertimbangan kalau mau ke Bandung lagi," ujarnya.

Setya yang datang dari Batam mengatakan, Bandung tetap akan menjadi salah satu destinasi favorit untuk berwisata. Dia berharap akses dari BIJB ke Bandung dalam waktu dekat semakin mudah sehingga waktu untuk berwisata tidak terpangkas hanya perjalanan yang panjang dari Majalengka.

Baca Juga: Lion Air Pindahkan 10 Rute Penerbangan dari Bandara Husein ke BIJB

Baca Juga: Damri Siapkan Layanan Angkutan dari 4 Kota Menuju BIJB Kertajati

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya