Comscore Tracker

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20

Pemkot Bandung masih berupaya selesaikan persoalan GBLA

Bandung, IDN Times - Indonesia berhasil memastikan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021, mendatang. Untuk menyukseskan ajang bergengsi itu, Pemerintah Indonesia menyiapkan 10 stadion terbaik, termasuk di Jawa Barat.

Terdapat empat stadion di Jawa Barat (Jabar) yang rencananya akan menjadi tempat penyelenggaraan. Namun, tidak ada nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang diajukan PSSI ke FIFA.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kecewa dengan tidak dipilihkan Stadion GBLA menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20. Sebab, stadion ini sebenarnya memiliki fasilitas mumpuni dan bisa digunakan untuk kompetisi internasional.

"Karena kalau secara standarnya GBLA itu memungkinkan. Ini masih ada masalah lah," kata Yana, Jumat (25/10).

Salah satunya terkait dengan penyerahan aset dari PT Adhi karya selaku kontraktor pembangunan stadion seharga Rp545 miliar. Sampai saat ini persoalan tersebut tak urung rampung.

1. Alih aset Stadion GBLA pun diperkirakan molor

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20Dok.IDN Times/Istimewa

Meski bermasalah, Pemkot Bandung tetap akan berupaya menyelesaikan peralihan aset GBLA dari PT Adhi Karya. Harapannya setelah peralihan tersebut Pemkot Bandung bisa mengajukan diri agar stadion tersebut masuk dalam nominasi venue untuk Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Pemkot Bandung berencana menyelesaikan alih aset pada November 2019. Namun, Yana memprediksi peralihan ini molor dari target.

"Belum lagi nanti lelang ini sekian bulan ya, mungkin bergeser (tidak pada November). Jadi ke titik awalnya proses serah terima dulu," ungkap dia.

2. Tetap akan berupaya memasukan stadion ini ke nominasi venue

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20IDN Times/Debbie Sutrisno

Setelah selesai peralihan aset, Yana akan berkomunikasi kembali dengan pengurus PSSI pusat agar Stadion GBLA bisa diajukan ke FIFA menjadi salah satu tempat menggelar piala dunia U-20 2021. Pengajuan tersebut merupakan hal lumrah, tinggal apakah pengajuan itu diterima oleh PSSI atau tidak.

"Ya kita mengajukan saja tetap kita di pitching ya, sebagai salah satu (cara). Nantinya persyaratan kita akan penuhi, sampai limit waktu itu ternyata kita gak bisa," ujar Yana.

3. Indonesia jadi tuan rumah setelah kalahkan Brasil dan Peru

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20instagram

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 2021 mendatang.

"Alhamdulillah presentasi PSSI diterima dengan baik sehingga Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (24/10).

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 diambil dalam rapat Dewan FIFA yang digelar di Shanghai, China, Kamis siang. Indonesia mengalahkan dua pesaing terberat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, yakni Brasil dan Peru.

4. Indonesia jadi negara Asean kedua yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20Logo Piala Dunia U-20. pssi.org

Dari semua negara Asean, sampai saat ini baru ada satu negara yang pernah menjadi tuan rumah, Piala Dunia U-20, yakni Malaysia. Malaysia menjadi tuan rumah pada 1997, saat itu turnamen ini masih bernama Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA. Kini, Indonesia akan menjadi negara ASEAN kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

5. Indonesia otomatis menjadi peserta

GBLA Bermasalah, PSSI Urung Jadikan Stadion Ini untuk Piala Dunia U-20instagram

Sebagai tuan rumah, Indonesia berhak untuk langsung tampil di Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 2021. Ini akan menjadi penampilan pertama timnas di ajang bergengsi ini.

Timnas yang akan turun di laga tersebut adalah Timnas U-19 yang kini dibesut oleh pelatih Fakhri Husaini.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saat Ini Warga Miskin Membayar Air Lebih Mahal

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya