Embarkasi Kertajati Akan Berangkatkan 17 Kloter Jamaah Haji Asal Jabar

Lebih dari 6.000 jamaah yang akan berangkat via Kertajati

Bandung, IDN Times - Sebanyak 17 kelompok terbang (kloter) calon jamaah haji asal Jawa Barat akan diterbangkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dalam musim haji tahun ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Drs H A Buchori MM menuturkan, 17 kloter calon jamaah haji ini berasal dari wilayah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu.

“Untuk skema jumlah per kloter, apakah menggunakan 393 atau 410 tergantung dari maskapai penerbangannya,” kata Buchori MM melalui siaran pers, Rabu (15/5).

Dia pun telah meminta Kepala Kemenag lima kabupaten/kota tersebut untuk segera menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Terutama, mengingatkan kepada keluarga dan kerabat calon jamaah yang hendak mengantar untuk tidak dilakukan secara berlebihan. 

“Ini penting, demi menjaga kelancaran dan keteguhan calon jamaah. Apalagi, daya tampung parkir bandara dan embarkasi perlu diperhatikan," paparnya.

1. Segera daftarkan slot penerbangan dari Kertajati ke Pemerintah Arab Saudi

Embarkasi Kertajati Akan Berangkatkan 17 Kloter Jamaah Haji Asal JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Direktur Jenderal Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Nizar, mengatakan, pihaknya mendorong agar maskapai penerbangan yang akan membawa jamaah dari Bandara Kertajati melaksanakan ibadah haji untuk segera slot time terlebih dahulu ke pemerintah Arab Saudi. Pendaftaran ini harus disegerakan karena sistem administrasi yang tidak mudah sehingga membutuhkan waktu.

Dalam waktu dekat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Kemenhub, Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airline, akan menggelar rapat mengenai mekanisme penerbangan untuk mengangkut 17 kloter calon jamaah haji untuk embarkasi Kertajati.

2. KPPU Pantau Harga Tiket Pesawat

Embarkasi Kertajati Akan Berangkatkan 17 Kloter Jamaah Haji Asal Jabartwitter.com/ewinnussy

Sementara itu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah III Banten DKI Jakarta dan Jawa Barat terus memantau harga tiket pesawat yang saat ini dirasakan calon jamaah masih mahal. Komisioner KPPU Wilayah III Kurnia Toha mengaku sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan terkait harga tiket pesawat yang mahal.

Dari hasil pembicaraannya tersebut, Kementerian Perhubungan akan segera mengeluarkan peraturan guna menurunkan harga atas. “Karena ada harga atas, pelaku usaha penerbangan mepet di harga atas, kami juga sudah periksa,” ucapnya.

Intervensi pemerintah, ujarnya, sangat penting terhadap industri penerbangan. Pasalnya usaha ini pelakunya masih sedikit, sehingga harga tiket pesawat tidak dapat diserahkan oleh mekanisme pasar. “Kecuali pelaku usaha di industri ini banyak, mekanisme pasar bisa berlaku,” ungkapnya.

Toha berharap dengan langkah-langkah yang diambil oleh Menteri Perhubungan RI, harga tiket pesawat dapat turun menjelang arus mudik saat ini. “Kami hargai langkah-langkah itu. Kami akan terus pantau apabila aturan itu sudah turun dalam minggu-minggu ini,” harapnya.

3. Jamaah haji dari Kertajati akan diinapkan di Cirebon

Embarkasi Kertajati Akan Berangkatkan 17 Kloter Jamaah Haji Asal Jabarinstagram.com/meliapurosani/

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan, untuk menampung jamaah, Pemprov Jabar pun telah mempersiapkan asrama haji yang bisa dipergunakan sekitar 6.705 jamaah. Cirebon kemungkinan akan menjadi salah satu daerah yang dipersiapkan menampung jamaah haji berkaitan dengan asrama. Di sana terdapat hotel dengan fasilitas lengkap untuk menunjang embarkasi haji. 

Hotel yang sudah ditetapkan PemprovJabar memiliki 62 kamar dengan 456 tempat tidur, kamar mandi, AC, dan kapasitas parkir yang luas. Selain itu, jarak hotel ke BIJB pun tergolong cukup, yakni 4 km menuju pintu tol dan 63 km menuju BIJB dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit. 

Terkait anggaran, Iwa Karniwa mengaku ada selisih harga meskipun tidak besar. Namun, Pemprov Jabar siap menutup kekurangan tersebut.  “Anggaran tidak ada masalah, sudah disiapkan oleh Kemenag, hanya ada kekurangan sedikit, itu nanti kita bisa selesaikan oleh pemprov. Kita akan koordinasikan,” ucapnya.

Baca Juga: 3 Menteri Putuskan Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Mulai 2019 

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji Tahap I Ditutup, Kuota Reguler Tersisa 19.815

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya