Hengky Kurniawan Segera Lengser, Tiga Sosok Diusulkan Jadi Pj Bupati

DPRD KBB usulkan tiga nama jadi Pj Bupati Bandung Barat

Bandung Barat, IDN Times - Masa jabatan Hengky Kurniawan sebagai Bupati Bandung Barat bakal berakhir pada September. Tiga nama juga sudah diusulkan untuk menggantikannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati.

Ketiga nama yang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB adalah Sekretaris Daerah KBB Ade Zakir, eks Kadinsos yang kini menjabat Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat Dodo S dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya.

"Tiga nama tersebut diputuskan dalam Rapat Konsultasi pimpinan DPRD KBB dan para pimpinan fraksi lalu disampaikan dalam rapat Banmus," kata Ketua DPRD KBB Rismanto saat dihubungi, Minggu (10/9/2023).

1. Berdasarkan usulan fraksi DPRD KBB

Hengky Kurniawan Segera Lengser, Tiga Sosok Diusulkan Jadi Pj BupatiSekda KBB Ade Zakir. (Dok/Intsagram @adezakir_173

Rismanto menerangkan, usulan itu hasil usulan dari fraksi dan aspirasi dari kalangan masyarakat baik individu maupun kelembagaan. Intinya, DPRD menampung tiap nama yang diusulkan asalkan sesuai regulasi harus pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) layak secara administrasi maupun secara kepangkatan.

Kewenangan DPRD, lanjut Rismanto, hanya pada tahap mengusulkan tiga nama. Karena selain DPRD, Pemprov Gubernur juga berhak mengusulkan tiga nama. Adapun keputusan nama Pj Bupati seluruh merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Penentuan akhirnya ada di Kemendagri. Apakah salah satu usulan DPRD atau tidak ada satu pun itu, sepenuhnya kewenangan Kemendagri," ucap Rismanto.

2. Muncul isu Pj Bupati Bandung Barat bukan yang diusulkan

Hengky Kurniawan Segera Lengser, Tiga Sosok Diusulkan Jadi Pj BupatiEks Kadinsos Jabar Dodo S (Dok/Instagram @dinsosjabar)

Namun setelah nama itu diusulkan, muncul informasi bahwa pemerintah pusat akan menunjuk Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Keuangan Daerah, Kemendagri, Arsan Latif sebagai penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat. Pasalnya, Arsan disebut-sebut cocok membenahi APBD Bandung Barat yang tiap tahun kerap dilanda defisit.

Menyikapi informasi tersebut Anggota DPRD KBB Fraksi PDI Perjuangan Deni Setiawan
meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menetapkan Pj Bupati Bandung Barat sesuai usulan DPRD KBB.

"Tentu kita gak sepakat kalau di luar tiga nama ini. Tapi saya sangat meyakini kalau Kemendagri akan menghargai dan menghormati kearifan lokal. Tidak mungkin Kemendagri menunjuk Pj bupati orang yang di luar rekomendasi DPRD," kata Deni.

3. DPRD KBB harap masyarakat tak terpancing

Hengky Kurniawan Segera Lengser, Tiga Sosok Diusulkan Jadi Pj BupatiKepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya. (Dok/Instagram @disdikjabar)

Pihaknya berharap, masyarakat tidak terpancing atas isu yang berkembang jika Kemendagri sudah mengeluarkan putusan Pj Bupati di luar usulan dewan.

Dirinya meyakini pemerintah pusat akan mempertimbangkan usulan dari daerah karena yang mengetahui kondisi di daerah salah satunya DPRD.

"Tapi Kemendagri juga akan menghormati alur yang sudah ditempuh. DPRD sudah menjaring dan menyaring serta mengusulkan nama-nama calon Pj bupati melalui gubernur, jadi pasti ini akan dipertimbangkan," ujarnya.

Baca Juga: DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya