Comscore Tracker

Wagub Uu Harap Kabupaten Kota di Jabar Hibahkan Lahan untuk Pos SAR

Untuk mendekatkan pelayanan pertolongan korban bencana

Sumedang, IDN Times - Pelayanan pertolongan dan pencarian korban menjadi hal yang utama saat bencana terjadi. Namun, seringkali tim penolong seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) mendapat kendala di lapangan, salah satunya ialah tidak tersedianya pos di masing-masing daerah untuk menuju lokasi bencana.

Atas alasan itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta para Bupati dan Wali Kota di Jawa Barat untuk rela menghibahkan tanah di wilayahnya guna dibangun pos Basarnas.

"Kami berharap agar para bupati dan wali kota dapat mengalokasikan tanah untuk pembangunan pos SAR di saat Basarnas membutuhkannya," ujar Uu Ruzhanul Ulum usai gelaran upacara bendera HUT ke-48 Basarnas, di Kantor SAR Bandung, Kabupaten Sumedang, Jumat (28/2).

1. Uu banggakan Tasikmalaya yang sudah lebih dulu bangun Pos SAR

Wagub Uu Harap Kabupaten Kota di Jabar Hibahkan Lahan untuk Pos SARIDN Times/Dok. Kantor SAR Bandung

Uu mencontohkan, Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya sudah menjalin kerja sama dengan Basarnas untuk membangun pos. Lahan pos dari pemerintah daerah, kata dia, sementara sarana dan prasarana dari Basarnas.

Dibangunnya Pos Basarnas di Tasikmalaya menurutnya mampu mendekatkan pelayanan pertolongan di daerah Priangan Timur. Sehingga, Basarnas bisa menjangkau lebih dekat jika sewaktu-waktu ada bencana terjadi di daerah.

"Pemprov Jawa Barat mengharapkan Basarnas bisa semakin dekat dengan masyarakat, intinya agar pelayanannya lebih baik lagi, dan saya sangat mendukung itu. Seperti yang telah lakukan di Tasikmalaya ada kerja sama antara Basarnas dengan Pemkab Tasikmalaya. Harapan kami juga bisa dilakukan oleh seluruh Pemkab dan Kota lainnya," paparnya.

2. Uu belum mampu instruksikan ke Kepala Daerah

Wagub Uu Harap Kabupaten Kota di Jabar Hibahkan Lahan untuk Pos SARIDN Times/Dok. Humas Jabar

Uu menyebutkan, meski dirinya mengharap ada hibah lahan dari Bupati atau Wali Kota untuk Basarnas, namun hal itu belum bisa berbentuk instruksi. Sebab kata Uu, instruksi kepada kepala daerah harus melalui kesepakatan bersama.

"Kalau untuk perintah saya belum bisa menyampaikannya karena harus ada rapat dan kesepakatan. Tetapi, kami bertanggung jawab terhadap keselamatan warga dan sudah tidak bisa ditawar lagi," kata Uu.

3. Basarnas diminta tingkatkan struktur, infrastruktur, dan suprastruktur

Wagub Uu Harap Kabupaten Kota di Jabar Hibahkan Lahan untuk Pos SARIDN Times/Dok. Kantor SAR Bandung

Menurut Uu, HUT Basarnas ke-48 hari ini merupakan momentum bagi Basarnas Kantor SAR Bandung untuk meningkatkan kekuatan, mulai dari struktur, infrastruktur, dan suprastruktur.

"Sehingga melaksanakan kegiatannya bisa lebih sempurna dan prima. Kekuatan tiga ini akan mempercepat tujuan yang ingin dicapai," ucapnya.

4. Jabar dilanda banyak bencana

Wagub Uu Harap Kabupaten Kota di Jabar Hibahkan Lahan untuk Pos SARIDN Times/Dok. Humas Jabar

Dia menekankan, Basarnas Kantor SAR Bandung harus meningkatkan profesionalisme. Apalagi, Basarnas Kantor SAR Bandung memiliki wilayah kerja yang cukup luas, yakni Provinsi Jabar.

"Bencana di Jabar sangat banyak. Hari ini ada bencana yang diakibatkan oleh cuaca curah hujan yang luar biasa. Di Subang ada Kab/Kota Bekasi, dan Karawang," pungkasnya.

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya