Comscore Tracker

Sisa Malam Tahun Baru, PD Kebersihan Angkut 43 Ton Sampah di Bandung

Jumlah ini menurun dibandingkan tahun lalu...

Bandung, IDN Times - Perayaan pergantian Malam Tahun Baru 2020 telah usai. Ribuan masyarakat Kota Bandung tumplek di sejumlah lokasi untuk menikmati euforia tersebut. Namun, persoalan yang muncul adalah sisa sampah yang terbuang sembarangan menumpuk hingga 43 ton.

Kendati demikian, Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung mampu bergerak cepat untuk segera membersihkan sampah yang berserakan sisa dari malam tahun baru. Sekitar 600 personel kebersihan ditugaskan untuk menyisir dan menyapu kawasan yang menjadi pusat keramaian.

Hasilnya, sebanyak 88 kubik sampah dari seluruh penjuru Kota Bandung mampu diangkut. Jumlah ini diklaim menurun jika dibandingkan pada perayaan Tahun Baru 2019, lalu yang mencapai 104 kubik. 

"Jadi saat tahun baru 2020 ini volume total sampah di Kota Bandung turun 16,5 m3 atau turun 15,78 persen dibandingkan tahun 2019 lalu," ujar Plt Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari Hidayat Rabu (1/1).

1. Banyak faktor adanya penurunan tumpukan sampah selama tahun baru 2019

Sisa Malam Tahun Baru, PD Kebersihan Angkut 43 Ton Sampah di BandungIlustrasi tumpukan sampah (Dokumen IDN Times)

Gungun mengatakan, secara rinci timbulan sampah saat malam pergantian tahun kali ini yaitu sebanyak 32 kubik dari Kota Bandung wilayah barat, 16 kubik di wilayah utara. Sisanya, sebanyak 30 kubik dari wilayah selatan dan 10 kubik dari wilayah timur.

Penurunan sampah tersebut menurut dia, banyak faktornya seperti adanya imbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk menyelenggarakan acara Bandung Berzikir secara serentak di seluruh wilayah.

"Belum tahu analisanya. Apakah karena Bandung Berzikir di setiap kecamatan atau hal lainnua. Mungkin saja itu ikut menyumbang terjadinya penurunan sampah di tahun baru," ungkapnya.

Baca Juga: Warga Bandung Keluhkan Air Keruh dari PDAM Bandung

2. Persoalan sampah tahun baru akan segera ditangani

Sisa Malam Tahun Baru, PD Kebersihan Angkut 43 Ton Sampah di BandungIDN Times/Yogi Pasha

Gungun menambahkan, faktor lainnya karena faktor cuaca yang membuat masyarakat tidak begitu antusias untuk menikmati malam pergantian tahun di luar rumah.

"Ada variabel hujan tapi tidak lama sampai pukul 21.00 WIB," imbuhnya.

Lebih lanjut Gungun memastikan, PD Kebersihan berupaya maksimal agar timbulan sampah selama malam pergantian bisa secepatnya tertangani. Sehingga masyarakat bisa kembali nyaman beraktivitas menikmati Kota Bandung.

Baca Juga: Kisruh Rumah Deret, LBH Bandung Bikin Petisi Agar Predikat Layak HAM Bandung Dicabut

3. 640 petugas dikerahkan untuk menjaga kebersihan Kota Bandung

Sisa Malam Tahun Baru, PD Kebersihan Angkut 43 Ton Sampah di BandungIDN Times/Istimewa

Menyambut pergantian tahun baru 2020 ini, PD. Kebersihan menurunkan petugas khusus sebanyak 640 orang yang tersebar dinseluruh wilayah Kota Bandung, dengan fokus utama di titik keramaian. Guna menunjang tugasnya, sebanyak 63 kendaraan berbagai jenis ikut dioperasikan.

"Insyaallah kondisi pagi ini secara umum Bandung sudah bersih kembali dan bisa dinikmati warga," katanya.

Baca Juga: Banyak Masalah di Kota Bandung, Pemkot Bandung Buat Program Kataba

4. Berharap masyarakat sadar untuk membuang sampah di tempatnya

Sisa Malam Tahun Baru, PD Kebersihan Angkut 43 Ton Sampah di BandungIDN Times/ Muchammad Haikal

Meski begitu Gungun tetap mengimbau kepada warga agar lebih peduli memelihara kebersihan di Kota Bandung. Di antaranya dengan menerapkan gerakan Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam mengelola sampah.

"Masyarakat harus sadar untuk membuang sampah ke tempatnya atau bahkan bisa menguranginya atau memanfaatkan lagi seperti prinsip gerakan Kang Pisman," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya