Comscore Tracker

KPU Umumkan Paslon Sah Pilkada Kabupaten Bandung Besok

Hari ini, KPU gelar rapat pleno 

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akan mengumumkan pasangan calon secara (paslon) sah pada Rabu (23/9/2020). Hari ini, KPU Kabupaten Bandung baru akan menggelar rapat pleno penetapan paslon peserta Pilkada Serentak 2020.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, saat ini berkas revisi bakal calon (balon) sudah diterima KPU Kabupaten Bandung dan akan dibahas dalam rapat pleno, hari ini.

"Bekas semua sudah diperiksa oleh kami, jadi nanti kami plenokan hari ini," ujar Agus saat dihubungi IDN Times, Selasa (22/9/2020).

1. Balon tidak diizinkan datang saat pengumuman besok

KPU Umumkan Paslon Sah Pilkada Kabupaten Bandung BesokIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (http://updatenews.co.id/dua-kandidat-bapaslon-pilkada-pandeg)

Agus menuturkan, pleno dipastikan akan selesai Selasa(22/9/2020), hari ini. Sehingga, Rabu hasilnya akan diumumkan dan disahkan menjadi paslon peserta pilkada dari KPU Kabupaten Bandung.

"Pengesahan paslon besok. Itu rapat tertutup. Besok kami undang LO jam 10 itu hanya LO saja tanpa mengundang Balon. Tempat di Kantor KPU," ungkapnya.

2. Kelengkapan berkas diputuskan hari ini

KPU Umumkan Paslon Sah Pilkada Kabupaten Bandung BesokIlustrasi Pilkada serentak 2020 (IDN Times/Sukma Shakti)

Urusan teknis besok, Agus mengaku tidak akan mengundang Balon datang ke KPU Kabupaten Bandung. Ia menyebut, KPU hanya akan mengundang LO tanpa Balon dan tanpa simpatisan.

"Kita tidak undang siapa-siapa saat rapat tertutup. Hari ini kita putuskan. Besok di umumkan," katanya.

3. Sebelumnya berkas balon masih ada yang belum lengkap

KPU Umumkan Paslon Sah Pilkada Kabupaten Bandung Besok[Ilustrasi] Seorang disabilitas netra memasukkan surat suara kedalam kotak pada Pilpres 2019 lalu (IDN Times/Prayugo Utomo)

Seperti diketahui, saat ini Pilkada Kabupaten Bandung sudah masuk tahap verifikasi berkas Balon. Adapun untuk penetapan Pasangan Calon (Paslon) masih belum diputuskan lantaran beberapa berkas Balon masih ada yang belum lengkap.

Verifikasi sudah dilakukan sejak satu pekan lalu, pada pekan ini KPU Kabupaten Bandung juga sufah beberapa kali menggelar rapat pleno untuk menguji ke absahana berkas daripada Balon tersebut.

Sampai saat ini, untuk Balon yang sudah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bandung ada tiga pasangan, merka adalah, Nia-Usman, Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan dan Yena-Atep.

Setelah semua dinyatakan menjadi Paslon pada pekan depan. KPU Kabupaten Banndung akan langsung melakukan undian nomor pemilihan yang direncakan akan diputuskan pada 24 September 2029.

4. KPU Kabupaten Bandung tetap jalankan rangkaian pilkada 2020

KPU Umumkan Paslon Sah Pilkada Kabupaten Bandung BesokIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Agus sebelumnya juga mengatakan bahwa, KPU Kabupaten Bandung akan tetap melaksanakan Pilkada 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ia menuturkan, protokol ketat harus diterapkan tidak hanya oleh KPU Kabupaten Bandung, melainkan bakal pasangan calon (Balon) dan beberapa partai pengusung, nantinya saat melanjutkan beberapa rangkaian lainnya harus tertib dengan protokol kesehatan dan jangan diabaikan.

Sayangnya, Agus tidak menjelaskan jika ada Balon melanggar protokol kesehatan akan dikenakan saknsi pidana atau sanksi lainnya. Ia hanya menyebut protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat.

Baca Juga: Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? 

Baca Juga: KPU Kabupaten Bandung: 3 Balon Bupati Belum Sah Berkas Pencalonannya

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya