Comscore Tracker

Janji Pemkot Reaktivasi Skywalk Cihampelas Terkendala Anggaran

Pembangunan sejumlah fasilitas tak bisa gunakan APBD

Bandung, IDN Times - Janji Pemerintah Kota Bandung untuk mengaktifkan kembali Teras Cihampelas saat Ramadan 2021 sepertinya tidak akan terealisasi.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku, reaktivasi Teras Cihampelas yang seharusnya bisa selesai sebelum Ramadan 2021 tidak akan selesai sesuai target. Hal itu akibat persoalan anggaran yang dibutuhkan.

1. Sudah ada perbaikan namun belum bisa berfungsi

Janji Pemkot Reaktivasi Skywalk Cihampelas Terkendala AnggaranSiti Fatonah IDN Times Jabar / Teras Cihampelas Bandung

Yana mengatakan, Pemkot Bandung sudah melakukan sejumlah perbaikan di kawasan Teras Cihampelas termasuk sarana dan prasanara kios milik pedagang.

"Secara fungsi sudah bisa dimanfaatkan. Tapi, untuk perbaikan menyeluruh masih terkendala anggaran,"  ujar Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (20/4/2021).

2. Pemkot Bandung tidak sanggup gunakan APBD

Janji Pemkot Reaktivasi Skywalk Cihampelas Terkendala AnggaranSiti Fatonah IDN Times Jabar / Kondisi Teras Cihampelas Bandung

Reaktivasi Skywalk Cihampelas mendapatkan design baru yang menambahkan beberapa fasilitas untuk pedagang. Yana menuturkan, anggaran untuk penambahan fasilitas akan menunggu bantuan dari dana CSR perusahaan.

"Kita menunggu CSR‎, kalau pake APBD kami tidak sanggup, anggaran kurang lebih Rp2 miliar," ungkapnya.

3. Tidak semua pedagang bisa berjualan di Skywalk Cihampelas

Janji Pemkot Reaktivasi Skywalk Cihampelas Terkendala AnggaranIDN Times/Yogi Pasha

Yana menyebutkan, aktifnya kembali Teras Cihampelas ini tentu berpengaruh terhadap pedagang yang berada di kawasan Jalan Cihampelas. Sebab, Pemkot Bandung telah mendata siapa saja pedagang yang berhak berjualan di jalur Teras Cihampelas.

Menurut Yana, pedagang yang sudah dari dahulu berjualan di sekitar Cihampelas tetap akan diizinkan untuk berdagang kembali. Sementara, pedagang kaki lima yang berdagang di sepanjang jalan Cihampelas atau berada di bawah Skywalk Cihampelas akan kembali ditertibkan. 

"Pedagang cuma 30 kalau tidak salah, ram untuk sepeda sudah selesai, aktivasi insfrastruknya mah sudah lumayan, kemarin laporan teman-teman satgasus, jadi PKL yang lama tidak semua naik ke atas, memang jumlahnya tidak seperti dahulu karena tidak semua pedagang, dan di bawah kami bersihkan," tuturnya.

4. Pemkot Bandung persilahkan pedagang mulai berjualan meski pembangunan belum selesai

Janji Pemkot Reaktivasi Skywalk Cihampelas Terkendala AnggaranTravelokaria.com

Yana memastikan saat ini pedagang sudah diizinkan berjualan selama ramadan 2021. Hanya saja, pedagang diminta bersabar karena fasilitas yang diberikan belum sesuai desain baru yang sudah dirancang.

"Sambil menunggu pembangunan fasilitas tambahan, mereka boleh berjualan. Mereka boleh menutup tempat atapnya pakai terpal, biar tidak kehujanan dan kepanasan, sementara saya bolehin dulu," kata dia.

Sebelumnya, Yana mengatakan, perbaikan Teras Cihampelas selesai sebelum bulan Ramadan. Dengan begitu, titik awal reaktivasi akan dimulai di bulan tersebut.

"Hari ini alhamdulilah, sudah ada satu solusi untuk bisa segera melakukan persiapan, sehingga saya menginstruksikan kepada teman-teman OPD terkait, agar sebelum Ramadan Teras Cihampelas sudah di aktivasi," ujar Yana usai melakukan pengecekan fasiltas di teras Cihampelas, Selasa (2/2/2021).

"Nantinya, bakal ada atraksi kesenian yang dipersembahkan Disbudpar, Kuliner yang lebih bervariatif, serta akan ada jalur sepeda," ucapnya.

Baca Juga: Lama Tak Diurus, Pemkot Bandung Siap Aktifkan Lagi Teras Cihampelas

Baca Juga: Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur Sepeda

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya