Comscore Tracker

Jabar Juara Mandalika Expo 2022, Jadi Momentum Kebangkitan Ekraf

Jabar mendapat apresiasi menjadi stand terfavorit

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebut bahwa gelaran Mandalika Experience Expo 2022 merupakan momentum kebangkitan ekonomi kreatif (Ekraf) bagi daerah mereka. Sejumlah produk Jabar yang dipamerkan di gelaran itu banyak dibeli oleh penonton gelaran motoGP.

Benny Bachtiar, Kepala Disbudpar mengatakan, Pemprov Jabar membuka stand yang diisi dengan beragam produk lokal serta promosi pariwisata. Dalam acara ini, ada 108 destinasi pariwisata unggulan Jabar yang dipromosikan.

"Alhamdulillah banyak produk kita yang diminati. Sampai hari pertama saja stok kita habis terjual karena memang produknya berkualitas. Contoh ya, kaus, sepatu, kopi Jabarano, ada foodtruck. Termasuk produk yang bertema otomotif dan motof Mandalika," ujar Benny, Senin (21/3/2022).

1. Ada 60 produk asal Jabar turut dipamerkan

Jabar Juara Mandalika Expo 2022, Jadi Momentum Kebangkitan EkrafIstimewa

Kemudian, untuk produk yang diminati pengunjung, Benny bilang, stand Jabar juga mendapat juara favorit. Penggabungan etalase produk UMKM dan promosi wisata menjadi perhatian panitia dan para pengunjung di lokasi.

"Berdasarkan data yang tercatat ada sekitar 50.000 kunjungan selama tiga hari event ini digelar. Selain itu, melalui Dinas KUK Jabar, ada 60 produk ekonomi kreatif unggulan yang diperkenalkan maupun dijual langsung on the spot di stand Jabar," ungkapnya.

2. Event MotoGP bantu promosi Disbudpar Jabar

Jabar Juara Mandalika Expo 2022, Jadi Momentum Kebangkitan EkrafIstimewa

Dengan adanya gelaran MotoGP di Mandalika, Benny menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat membantu promosi pariwisata untuk Jabar. Apalagi, gelaran itu banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara.

"Semoga event ini menjadi salah satu upaya kita untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekomomi kreatif. Ini juga tak lepas dari hubungan baik kita dengan Pemprov NTB," katanya.

3. Event MotoGP menjadi potensi pariwisata besar

Jabar Juara Mandalika Expo 2022, Jadi Momentum Kebangkitan EkrafIstimewa

Selain itu, Benny berharap langkah ini bisa turut memperkenalkan potensi destinasi wisata di Jabar. Adapun tahun ini, Disbudpar menargetkan sekitar 40 juta orang berwisata di Jabar.

"Event akbar bersakala international ini mempunyai potensi yang luar biasa untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Jabar, baik itu kepada wisatawan nusantara maupun wisatwan mancanegara," katanya.

Untuk diketahui, Pemprov Jabar mendapat apresiasi menjadi Stand Terfavorit pada Mandalika Experience Expo 2022. Gelaran ini diselenggarakan Kementrian UMKM di area parkir timur Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Disindir Sekda, Disbudpar Bandung Jamin Pengawasan Hotel saat Nataru Lebih Ketat

Baca Juga: Jelang Nataru 2022, Disbudpar Bandung Perketat Kelonggaran Hotel! 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya