DPW PSI Jabar Inginkan Kaesang Bisa Loloskan Kader ke Senayan

DPW PSI Jabar optimistis dapat kursi di DPR RI

Bandung, IDN Times - Penunjukan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) turut memicu banyak komentar. Namun beberapa anggota PSI sendiri turut berharap Kaesang meloloskan PSI ke Senayan.

Salah satunya, Ketua DPW PSI Jawa Barat, Marshall. Dia mengatakan, terpilihnya Kaesang sebagai ketua umum merupakan langkah baru dan diharapakan bisa membawa PSI menduduki kursi DPR RI pada Pileg 2024 mendatang.

"Kaesang mau PSI ada di Senayan tembus 4 persen dulu, jadi harus optimis. Apalagi Giring gak keluar. Kita optimis pasti tembus Senayan apalagi kita didukung relawan Jokowi, kemarin (Kopdarnas) ada yang hadir juga," ujar Marshall saat dihubungi, Selasa (26/9/2023).

1. Penunjukan Kaesang jadi ketua umum sudah lama dibahas

DPW PSI Jabar Inginkan Kaesang Bisa Loloskan Kader ke SenayanPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Marshall mengungkapkan, pembahasan Kaesang menjadi ketua umum sudah dibahas cukup lama. Kader di beberapa daerah lain juga sudah setuju dan satu komando untuk mendukung Kaesang memimpin PSI.

"Saya kenal Kaesang sudah cukup lama dan ini bukan wacana baru dan dadakan, ini sudah beberapa kali dirapatkan juga di semua DPW," ucapnya.

2. Pemilihan Kaesang sudah berdasarkan aturan partai

DPW PSI Jabar Inginkan Kaesang Bisa Loloskan Kader ke SenayanPoster dukungan bagi Kaesang Pangarep sebagai calon walkota Depok. (www.twitter.com/@sigitwid)

Kemudian, Marshall menambahkan, pergantian Giring Ganesha pada Kaesang dilakukan sesuai dengan mekanisme partai. Bahkan sebelumnya Giring sudah menyatakan dengan tegas dirinya siap digantikan oleh anggota lainnya, bahkan sosok yang baru.

"Dari awal beliau katakan kalau ada yang bergabung ke PSI, dia siap menyerahkan kursi kepemimpinan," katanya.

3. PSI selalu tegak lurus bersama Presiden Jokowi

DPW PSI Jabar Inginkan Kaesang Bisa Loloskan Kader ke SenayanPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Dia menegaskan, alasan PSI mempercayakan Kaesang untuk memimpin, bisa diartikan bahwa PSI punya komitmen selalu tegak lurus bersama Jokowi dan Kaesang menjadi perwakilan dalam hal tersebut. Kader juga sangat menyambut baik keputusan ini.

"Ya kalau PSI kan memang kita selalu tegak lurus ke Jokowi ya jadi dengan gabungnya Kaesang sama aja kaya mencerminkan Pak Jokowi itu PSI dan PSI Jokowi dengan putra bungsunya ini. Kita merasa begitu," kata dia.

Kaesang Pangareng diumumkan bergabung PSI pada Sabtu, 23 September 2023. Selang dua hari, Kaesang langsung ditunjuk menjadi Ketua Umum PSI. Dia mengakui, menjadi Ketua Umum PSI karena dirinya memiliki privilege sebagai putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dengan santai, Kaesang pun tak menampik privilege itu.

"Privilege selalu ada, sudah gitu saja. Ya privilege, lha saya mengiyakan," ujar Kaesang di acara Kopdarnas PSI yang digelar di The Ballroom at Djakarta Theater, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: DPW Lampung Optimis Ketum Kaesang Pangarep Bawa PSI Lolos ke Senayan

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketua Umum, PSI Kota Bekasi Targetkan Menang Pilkada

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya