Arus Balik, Ridwan Kamil Evaluasi Aturan Rest Area 30 Menit

Aturan ini malah membuat tumpukan kendaraan

Bandung, IDN Times - Peraturan 30 menit di rest area dari pemerintah pusat harus dievaluasi untuk kenyamanan arus balik 2022. Di wilayah Jabar, alih-alih membuat nyaman pemudik, aturan ini justru menimbulkan tumpukan kendaraan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menanggapi hasil evaluasi arus mudik Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

1. Aturan ini menimbulkan dinamika mudik di wilayah Jabar

Arus Balik, Ridwan Kamil Evaluasi Aturan Rest Area 30 MenitIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Menurut Emil, dari semua hasil evaluasi arus mudik 2022 kondisi rest area ini menjadi hal yang paling disoroti. Dalam kondisi langsung di lapangan, banyak kendaraan menumpuk untuk bergantian istirahat di rest area pada puncak mudik 2022 kemarin.

"Dinamika ada di rest area saja. Di rest area karena tempatnya terbatas yang membutuhkan banyak terjadi antrean yang mengambil bahu jalan. Nah itu sudah dievaluasi ternyata waktu 30 menit itu belum memadai," ujar Emil melalui keterangan resminya, Selasa (3/5/2022).

2. Banyak pemudik istirahat di bahu jalan

Arus Balik, Ridwan Kamil Evaluasi Aturan Rest Area 30 MenitRest area haul guru sekumpul di Kodim 0913/PPU (IDN Times Ervan Masbanjar)

Kondisi itu, kata Emil, harus dievaluasi dan dicarikan solusi lainnya agar nanti saat arus balik 2022 bisa lebih baik dan kendaraan tidak menumpuk di rest area. Sebab, menurutnya, pemudik harus banyak mendapatkan tempat beristirahat agar tidak kelelahan.

"Kemarin itu, dengan waktu terbatas akhirnya aparat banyak yang menggiring pengendara untuk beristirahat di bahu jalan. Karena sudah satu paket dan itu sudah kita lakukan," katanya.

3. Arus balik diperkirakan terjadi pada H+3

Arus Balik, Ridwan Kamil Evaluasi Aturan Rest Area 30 MenitANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sebelumnya, Emil memprediksi arus balik mudik 2022 akan terjadi pada H+3 lebaran 2022. Petugas mudik diminta untuk mempersiapkan kembali pengamanan di seluruh wilayah Jabar yang kerap dilalui oleh para pemudik.

"Perkiraan di H+3 dan H+4 sudah ada yang arus balik dan itu berlaku hingga akhir minggu ini. Kami siapkan pasukan seperti kesiagaan pada saat mudik dan tidak hanya di jalur-jalur tol tapi jauh jalur jalan arteri jalan sekunder," ujar Emil melalui keterangan resminya, Selasa (3/5/2022).

Emil mengatakan, petugas arus balik yang akan diterjunkan tidak berbeda jauh dengan saat mudik kemarin. Menurutnya, akan ada dari pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, TNI dan beberapa instansi terkait lainnya.

"Kita siapkan anggota-anggota dari polsek yang bertugas secara umum itu. Petugasnya sama dengan saat mudik, itu termasuk di kabupaten dan kota masing-masing," katanya.

Baca Juga: Kawal Arus Mudik Lebaran 2022, Polda Jabar Pasang Ratusan Pos

Baca Juga: Rekor! Tol Trans-Jawa Terpadat dalam Sejarah di Puncak Arus Mudik 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya