Comscore Tracker

Api Belum Padam, Polda Jabar Tunda Olah TKP Kebakaran Balongan

Setelah pendinginan polisi langsung melakukan olah TKP

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat belum bisa melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dari peristiwa terbakarnya tangki minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, meledak Senin (29/3/2021) pukul 04.00 WIB.

Tim Polda Jabar hingga saat ini masih berada di lokasi membantu memadamkan api. Olah TKP baru segera dilakukan untuk mengetahui penyebab kejadian ini.

"Ketika sudah dilakukan pemadaman secara total, akan dilakukan pendinginan di kilang minyak tersebut, lalu kepolisian akan melakukan penyelidikan, olah TKP," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A. Chaniago saat dihubungi, Selasa (30/3/2021).

1. Tim penyidik Polda Jabar sudah ada di sana

Api Belum Padam, Polda Jabar Tunda Olah TKP Kebakaran BalonganIDN Times/Wildan

Upaya pemadaman hingga saat ini masih dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Indramayu, PT Pertamina dan pihak terkait lainnya. Menurut Erdi, tim kepolisian yang ditugaskan untuk melakukan olah TKP sudah berada di lokasi.

"Tim sudah ada di sana. Tinggal menunggu kapan kita melakukan olah TKP," kata dia.

2. Pertamina pastikan api belum padam

Api Belum Padam, Polda Jabar Tunda Olah TKP Kebakaran BalonganApi membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna mengatakan, api yang melalap tangki di kilang Pertamina Balongan belum padam.

"Api (yang membakar tangki kilang Pertamina Balongan) belum padam," kata Cecep dikutip dari ANTARA, Selasa(30/3/2021).

Cecep belum menyampaikan secara detail kondisi terkini kilang Pertamina Balongan. Namun, kata dia, kebakaran yang menghanguskan tangki minyak Balongan sudah dapat dilokalisasi agar tidak merambat ke tangki lainnya.

3. Kejadian ini diduga karena petir

Api Belum Padam, Polda Jabar Tunda Olah TKP Kebakaran BalonganInstagram

Menurut Cecep, sumber kebakaran juga belum dapat diketahui, karena sampai saat ini api masih menyala, namun dari laporan diduga disebabkan petir.

"Sementara ini kita masih menduga (kebakaran disebabkan) terkena petir," tuturnya.

4. Warga masih ada yang mengungsi

Api Belum Padam, Polda Jabar Tunda Olah TKP Kebakaran BalonganHelicopter view Kilang PT Pertamina yang ada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Tangkapan layar Google Map)

Ratusan warga melakukan evakuasi ke tempat aman menjauhi lokasi kebakaran Kilang Balongan milik PT Pertamina (Persero) di Indramayu, Jawa Barat.

Mereka yang mengungsi merupakan warga dari Desa Balongan yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian.

Rinciannya saat ini ada sekitar 200 warga mengungsi ke Pendopo Kabupaten Indramayu, 400 warga di Islamic Center Indramayu, dan 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.

Baca Juga: Kebakaran Tanki Minyak Balongan Belum Padam hingga Selasa Pagi

Baca Juga: Pemerintah Diminta Segera Selidiki Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya