TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bacawagub Jabar Erwan Soroti Masjid Al Jabbar Sukabumi Terbengkalai

Janji sejahterakan marbot dan guru ngaji

Bacawagub Jabar Erwan Setiawan saat kunjungan ke Masjid Al Jabbar (IDN Times/Siti Fatimah)

Sukabumi, IDN Times - Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Erwan Setiawan menyoroti kondisi masjid Al Jabbar yang terletak di Jalan Pelabuhan II, KM16, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Ia merupakan pasangan bakal calon Pilkada Gubernur Jabar dengan Dedi Mulyadi. 

Dia menilai kondisi masjid Al Jabbar saat ini tampak terbengkalai dan sepi dari aktivitas ibadah. Dalam kunjungannya ke masjid megah tersebut, ia mengungkapkan rasa prihatinnya melihat masjid yang seharusnya menjadi pusat ibadah umat Islam kini sepi dan tak terawat.

"Seperti kita ketahui bersama, masjid ini bukan hanya tempat salat, tapi juga pusat kegiatan keagamaan umat Islam. Namun, sangat disayangkan, jangankan untuk kegiatan-kegiatan Islam, bahkan untuk salat lima waktu pun masjid ini kosong. Hanya ada penjaga yang tinggal di sini," kata Erwan kepada awak media di lokasi, Selasa (10/9/2024).

1. Masjid megah namun kurang optimal

Dia menegaskan, pembangunan masjid yang megah seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun sayangnya, pemanfaatannya jauh dari harapan.

"Masjid ini dibangun dengan biaya besar, tetapi tidak dimanfaatkan dengan optimal. Ini menjadi sangat disayangkan, apalagi lokasinya yang jauh dari pemukiman membuat masjid ini semakin sepi," ujarnya.

Ke depan, ia menekankan pentingnya kajian yang lebih mendalam sebelum membangun fasilitas umum, termasuk masjid. "Kita harus melakukan kajian yang mendalam sebelum melakukan pembangunan apapun, terutama tempat ibadah. Bagaimana mungkin masjid ini bisa ramai dan dimanfaatkan umat muslim kalau lokasinya jauh dari pemukiman," sambungnya.

2. Penting memakmurkan masjid

Selain itu, ia juga menyinggung pentingnya memakmurkan masjid, sesuai dengan ajaran Rasulullah dan para ulama. Sebagai bentuk keseriusan, ia berencana berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk MUI dan DMI setempat, guna merumuskan langkah-langkah agar Masjid Al Jabbar bisa kembali aktif.

"Ini sangat bertolak belakang dengan ajaran Rasulullah dan para kyai, yang selalu mengajarkan untuk menjaga dan memakmurkan masjid. InsyaAllah, jika saya mendapat amanah dari warga Jawa Barat, kita akan mencari solusi bagaimana masjid ini bisa kembali difungsikan sebagaimana mestinya," kata dia

"Kita akan koordinasi dengan Muspida, Muspika, serta DMI bagaimana cara terbaik untuk merawat dan memakmurkan masjid ini, agar jemaah bisa mengisi masjid dengan kegiatan-kegiatan positif," tambahnya.

3. Erwan janji sejahterakan marbot masjid

Pada kesempatan tersebut, Erwan juga berjanji akan memakmurkan para marbot masjid dan guru-guru ngaji. Hal itu dinilainya merupakan salah satu upaya untuk memakmurkan masjid.

"Ya kita perhatikan para marbot, guru-guru ngaji. Kita akan berikan insentif yang layak untuk mereka sehingga tidak hanya mendapatkan belas kasihan atau pemberian dari jemaah ataupun dari hasil kencleng, itu yang jadi perhatian kami," kata Erwan.

Berita Terkini Lainnya