TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ilham Habibie: BIJB dan Patimban Harus Beri Manfaat Bagi Warga Pantura

Infrastruktur wilayah Pantura dinilai sudah lengkap

Inin Nastain IDN Times/ Ilham Habibie

Majalengka, IDN Times- Calon Wakil Gubenur Jawa Barat Ilham Akbar Habibie menegaskan, warga sekitar Pantura Jabar harus mendapatkan manfaat dari keberadaan BIJB Kertajati Majalengka dan Pelabuhan Patimban Subang. Secara infrastruktur, daerah Pantura, termasuk Kabupaten Majalengka dinilai sudah cukup lengkap dan akan terus berkembang.

Ilham berkunjung ke Kabupaten Majalengka dan menghadiri Rakorwil Persatuan Umat Islam (PUI) di salah satu Hotel, Minggu (22/9/2024).

"Majalengka harus mendapatkan manfaat dari kehadiran beberapa infrastruktur yang sangat penting di sekitar Majalengka," kata Ilham usai acara

1. BIJB dan Patimban, jadi pendukung utama Pantura dan Majalengka

Keberadaan Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, kata Ilham, harus memberikan manfaat bagi masyarakat Pantura dan Majalengka. Begitu juga dengan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, yang jaraknya relatif dekat.

"Pertama, berdirinya Bandar udara Internasional yang ada di Kertajati. Tidak jauh dari situ, (ada) Pelabuhan Patimban," jelas dia.

Keberadaan BIJB dan Pelabuhan Patimban, jelas Ilham, memiliki arti penting dalam mendorong perkembangan industri di wilayah tersebut. 

"Dua-duanya itu akan menjadi infrastruktur sangat penting untuk mendorong perkembangan industri semakin banyak di sekitar Pantura, termasuk juga Majalengka. Saya kira itu yang harus kita perhatikan," jelas Cawagub yang diusung Nasdem, PKS, dan PPP.

2. Industri butuh infrastruktur yang memadai

Melihat infrastruktur yang sudah ada itu, Ilham optimistis, investor akan lebih banyak lagi datang ke wilayah itu. Di sisi lain, masyarakat sekitar harus benar-benar mendapatkan manfaatnya.

"Kedepan, menurut saya, dan itu sudah kelihatan, akan lebih banyak usaha-usaha yang masuk ke sini. Karena dia (pelaku usaha) memang akan memerlukan fasilitas infrastruktur yang ada dekat sini," kata dia. 

Dengan keberadaan industri dan didukung infrastruktur yang memadai, Ilham menegaskan, masyarakat sekitar sudah seharusnya mengalami peningkatan, khususnya ekonomi.

"Saya belum menyebut adanya jalan tol dan kereta api. Semuanya, lengkap sekali. Itu harus menjadi andalan untuk mengembangkan ekonomi dan industri di Majalengka lebih lanjut ke depannya," papar pendamping Cagub Ahmad Syaikhu itu.

Berita Terkini Lainnya