Tok, Pilkada Majalengka Diikuti Dua Paslon

Karna-Koko dan Eman-Dena siap bersaing 

Majalengka, IDN Times- Pilkada Kabupaten Majalengka dipastikan diikuti dua pasangan calon (paslon). Kepastian itu berdasarkan rapat pleno KPU Majalengka tentang penetapan pasangan calon Pilkada November mendatang.

Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Majalengka Andi Inshan Shidik mengatakan, rapat pleno sendiri dilakukan di kantor KPU Majalengka secara tertutup.

"Berdasarkan PKPU nomor 8 tahun 2024 dan berdasarkan Surat Keputusan KPU RI 1229 tahun 2024 terkait dengan penetapan pasangan calon itu dilakukan rapat pleno tertutup," kata Andi seusai rapat pleno, Minggu (22/9/2024) malam.

1 . Diikuti dua paslon cabup-cawabup

Tok, Pilkada Majalengka Diikuti Dua PaslonInin Nastain IDN Times/ Rapat pleno KPU Majalengka

Sebelum pleno, kata dia, KPU terlebih dahulu melakukan kajian terhadap berkas-berkas yang diserahkan dua paslon yang mendaftar. Dari kajian itu, diputuskan kedua paslon dinyatakan memenuhi syarat dan berhak untuk maju pada Pilkada.

"Berdasarkan hasil penelitian, dari penelitian administrasi dan penelitian perbaikan administrasi alhamdulilah dua pasangan calon itu sudah memenuhi syarat calon dan pencalonan sesuai dengan keputusan KPU dan PKPU. Sudah sesuai dengan apa yang disyaratkan," jelas dia.

Kedua paslon itu yakni Karna Sobahi-Koko Suyoko dan Eman Suherman-Dena Muhamad Ramdan. Karna-Koko diusung PKS, PDIP dan sejumlah partai non parlemen.

Adapun Eman-Dena diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, PPP, PKB, PAN, dan beberapa partai non parlemen.

2. Selanjutnya pengambilan nomor urut

Tok, Pilkada Majalengka Diikuti Dua PaslonIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mhd Saifullah)

Setelah ditetapkan sebagai cabup-cawabup, jelas Andi, tahapan selanjutnya adalah penentuan nomor urut. Tahapan itu dilaksanakan pada Senin (23/9/2024) besok.

"Untuk pengundian nomor urut, sesuai dengan arahan KPU RI, yang pertama itu dilakukan di kantor KPU. Dan untuk teknisnya besok, pasangan calon itu datang ke kantor KPU bersama tim paslon, bersama dengan ketua partai dan relawan," jelas dia.

Dalam pelaksanaannya, pengambilan nomor urut akan dilakukan oleh masing-masing calon bupati. "Nomor urut antrean ini diambil oleh calon wakil bupati dan untuk nomor urut nya diambil oleh calon bupati," kata Andi.

Terkait jumlah orang yang dibolehkan masuk, Andi menjelaskan KPU membatasinya sebanyak 50 orang. 

"Karena kapasitas kantor kami terbatas, itu kami batasi masing-masing paslon itu 50 pengantar. Bisa masuk yang dikasih id card saja," jelas dia.

3. Deklarasi pilkada damai

Tok, Pilkada Majalengka Diikuti Dua PaslonIlustrasi berdamai

Setelah pengambilan nomor urut, tahapan selanjutnya adalah kampanye. Tahapan tersebut akan diawali dengan deklarasi kampanye damai.

"Kami adakan deklarasi damai. Kami adakan juga deklarasi ramah. Ramah itu relawan aman Majalengka harmoni," papar dia.

Dalam pelaksanaannya nanti, deklarasi damai akan ditandai dengan penandatanganan oleh kedua belah pihak. 

"Dalam deklarasi itu nanti kita semuanya menandatangani supaya paslon itu menjaga kondusifitas. Supaya tetap rukun dan menjadi contoh masyarakat, nanti akan ada pertukaran plakat dari tiap paslon itu," papar dia.

Baca Juga: PON Aceh-Sumut: Tiga Atlet Asal Majalengka Sumbang medali untuk Jabar

Baca Juga: KPU Majalengka Pastikan Syarat Paslon Sudah Sempurna 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya