TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ditanya Kriteria Bacawapres, Ganjar: Anti Korupsi dan Layani Rakyat

Ganjar belum juga umumkan cawapresnya

IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo memberikan kuliah umum di Kampus Unpar, Kota Bandung, Rabu (11/10/2023). Diskusi ini dihadiri ratusan mahasiswa Unpar, tenaga akademisi, hingga para relawan dari Ganjar. Mereka pun secara bergantian mengajukan pertanyaan kepada Ganjar.

Di sesi akhir diskusi, salah seorang tenaga akademisi di Unpar, Pius Prasetyo, mengajukan pertanyaan sekaligus meminta bocoran soal kriteria Bacawapres yang akan mendampingi Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Ganjar menyebut sejumlah kriteria Bacawapres yang akan dipilihnya. Pertama, sosok itu harus mempunyai visi dan misi yang sama dengan dirinya terutama soal sikap anti korupsi.

"Cawapresnya harus satu visi dan misi dengan saya, semuanya harus membawa isu anti korupsi karena ini soal integritas," kata dia.

1. Harus bisa cepat bekerja

Ganjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kemudian, kriteria lainnya, sosok Bacawapres yang akan mendampingi Ganjar harus siap melayani masyarakat dengan mengedepankan tiga prinsip yakni mudah, murah, dan cepat.

"Dan kedua, siap melayani masyarakat dengan tiga hal, mudah, murah, dan cepat," ucap dia.

Ganjar tak menyebut secara jelas nama Bacawapres yang memenuhi kriterianya itu. Namun, menurut dia, semua nama yang beredar di media berhubungan baik dengannya.

"Yang beredar di seluruh media itu, semua dekat dengan saya, tinggal suara anda yang kita butuhkan," kata dia.

2. Nama Gibran digembar-gembor dampingi Ganjar

Hobi Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

DPD Gerindra Jawa Barat secara resmi mengusulkan nama Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendamping bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Taufik Hidayat menyebut, usulan nama Gibran Rakabuming Raka datang dari kader Gerindra dan usulan masyarakat.
Wali Kota Solo tersebut diyakini akan mampu menjadi duet ideal dalam memimpin dan menyejahterakan rakyat Indonesia.

“Kita kumpulkan DPC, lalu mendengar aspirasi dari masyarakat, memang yang terjadi adalah nama Gibran ini diusulkan menjadi pendamping Pak Prabowo. Ini keinginan kita bersama di Jabar,” kata Taufik didampingi Sekretaris DPD Partai Gerindra Jabar Abdul Haris Bobihoe di kediamannya, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (10/10/2023).

Menurut Taufik, Gibran layak menjadi Cawapres karena memiliki karakter ideal mendampingi Prabowo. Terlebih melihat dinamika politik terakhir yang tentunya Gibran bisa membawa dampak positif bagi Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Beliau anak muda, bersih, sekolahnya juga bagus, Wali Kota Solo. Dia punya kapasitas. Alangkah eloknya kita sarankan kepada Pak Prabowo untuk jadi Cawapres,” jelasnya.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran Muncul di Soloraya, Gibran Ngaku Solid di PDIP 

Berita Terkini Lainnya