TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

COVID Terkendali, Pemkot Bandung Ingin Investasi 2022 Lebih Baik

Investasi tahun lalu berhasil lampaui target

ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung melakukan berbagai perbaikan dalam menunjang sistem investasi. Salah satunya dengan melakukan pelatihan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai pelayanan terpadu.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) menjadi hal penting guna mempermudah investor mananamkan investasinya. Maka, pengembangan mutu SDM sangat penting dilakukan dari sekarang.

"Investasi menjadi kunci pemulihan ekonomi pascapandemik COVID-19. Investasi bertujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan dan menciptakan lapangan pekerjaan," katanya saat membuka pelatihan, Selasa (12/4/2022).

1. Bandung harus ramah investasi

Pelatihan kapasitas dan kapabilitas DPMTSP Kota Bandung Dok. Humas Pemkot Bandung

Ia mengatakan, Pemkot Bandung berupaya membangun iklim investasi yang baik dengan membangun sistem pelayanan terpadu satu pintu bidang penanaman modal.

Dalam sistem itu, sumber daya manusia secara berkala perlu mendapatkan peningkatan dalam wawasan pengetahuan maupun keterampilan melayani publik.

"Hal itu menjadikan misi Kota Bandung sebagai kota yang ramah investasi dan menjadikan daya tarik investor," kata Yana.

2. Pertumbuhan investasi tahun lalu berhasil lampaui target

Ilustrasi manajer investasi mempelajari pergerakan instrumen investasi reksadana (Wealthface)

Yana mengungkapkan, nilai investasi pada tahun 2021 di Kota Bandung mencapai sebesar Rp11,4 triliun dari target sebesar Rp6,1 triliun.

Capaian yang melebihi target, menurutnya, menjadi bukti regulasi begitu cepat beradaptasi dengan situasi. Kota Bandung tetap menjadi penopang investasi regional Jawa barat maupun nasional.

"Bahwa regulasi itu selalu berkembang dinamis makannya harus update juga ikhtiar kita untuk bisa menarik sebanyak mungkin (investor). Pemulihan ekonomi di Kota Bandung juga terus berkembang. Apalagi pada PPKM Level 2 ini mulai tumbuh (ekonomi)," tuturnya.

Berita Terkini Lainnya