TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Guncang Kabupaten Bandung, 14 Perjalanan Whoosh Dibatalkan

KCIC lakukan pemeriksaan

Situasi di Stasiun Whoosh Padalarang, KBB Usai Perjalanan Kereta Cepat Dibatalkan karena Gempa. (Rizki/IDN Times)

Bandung Barat, IDN Times - Sejumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung dibatalkan imbas gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 yang berpusat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024) pukul 09.41 WIB.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, setidaknya ada 14 perjalanan Whoosh yang terpaksa harus dibatalkan akibat gempa bumi tersebut. Perjalanan meliputi Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar maupun sebaliknya.

"PT KCIC menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta cepat Whoosh sebagai dampak terjadinya gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.41 WIB dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung yang berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat Whoosh," kata Eva.

1. Penyebab perjalanan dibatalkan

Dirinya menjelaskan, pembatalan perjalanana Kereta Cepat Whoosh usai gempa bumi itu terpaksa dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemeriksaan pada jalur Whoosh Jakarta - Bandung.

"Pembatalan dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh," ucap dia.

2. KCIC sedang lakukan pemeriksaan

Menurut Eva, sesuai standar operasional prosedur (SOP) Keselamatan dan Keamanan Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan. Pemeriksaan menyeluruh membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu trase kereta cepat seperti longsoran bukit batu dikanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua Jalur sepanjang 144 kilometer dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan. Adapun jalur kereta Whoosh terdiri dari struktur jembatan dengan total panjang 82 km,13 terowongan dengan total panjang 17 km san jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km.

"Sementara ini, berdasarkan pantauan awal di Operation Controll Center (OCC) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, sampai dengan saat ini tidak terlihat kerusakan di prasarana KCJB," kata dia.

Verified

Rizki

Sehat, soleh, rezeki nomplok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya