TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Segini Harta Kekayaan Erwan Setiawan, Wakil Demul di Pilgub Jabar

Erwan punya harta puluhan milliar

(Instagram/Erwan)

Bandung, IDN Times - Erwan Setiawan, putra dari komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar resmi berlayar ke Pilgub Jawa Barat mendampingi politisi Partai Gerindra, Dedi Mulyadi. Keduanya diagendakan mendaftarkan diri ke KPU Jawa Barat di hari pertama, Selasa (27/8/2024).

Mulanya Erwan lah orang yang pertama memberikan kabar bahwa dirinya mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024. Kabar ini sampaikan langsung ke publik melalui akun instagram pribadinya.

"Alhamdulillah pada Minggu, 25 Agustus 2024, saya diberi amanah dan kepercayaan oleh DPP Partai Golkar, menerima B1KWK yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Bapak Bahlil Lahadalia untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Barat, mendampingi Kang Dedi Mulyadi mohon doa dan dukungannya," tulis Erwan dalam keterangan di postingan Instagramnya.

Mantan Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 ini juga mengharapkan doa masyarakat agar dirinya bersama Dedi Mulyadi bisa turut membangun Jawa Barat ke arah yang lebih baik.

"Semoga ikhtiar kami dalam membangun Jawa barat ini dapat derikan kelancaran dan kemudahan, membawa Jawa Barat lebih baik dan maju lagi," kata Erwan.

Sementara, Dedi Mulyadi mengatakan, pendaftaran bersama Erwan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan dibarengi dengan iring-iringan atau karnaval.

"Rencananya saya bersama dengan pak Erwan Setiawan (calon wakilnya) akan mendaftar ke KPU Jabar pada Selasa, 27 Agustus 2024, kita akan sediakan 27 dongdang khas dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sehingga hari itu masyarakat bisa bergembira," katanya.

Berikut besaran harta kekayaan putra dari Bos Persib Bandung ini, berdasarkan LHKPN KPK

1. Mayoritas tanah dan bangunan hasil hibah

Berdasarkan laporan terakhir periode 2022, Erwan Setiawan memiliki total harta kekayaan sebesar Rp22,765 miliar. Sebanyak Rp20,25 miliar diantaranya terdiri dari aset tanah dan bangunan yang tersebar di wilayah Bandung Raya.

Di Bandung, Erwan punya tanah dan bangunan seluas 200 m² dengan nilai Rp3 miliar, di Kabupaten Sumedang, tanah dan bangunan seluas 1.655 m² dengan bangunan 978 m² di Kota Sumedang senilai Rp9,25 miliar. Adapun dua aset itu diperoleh melalui hibah tanpa akta.

2. Hanya ada satu aset tanah dan bangunan yang diperoleh secara pribadi

Kemudian, Erwan juga memiliki sebuah tanah dan bangunan lagi di Kota Bandung dengan luas 390 m², yang ditaksir senilai Rp6 miliar. Lagi-lagi aset itu diperoleh berdasarkan hibah tanpa akta. Artinya, jika ditotal, anak Umuh Muchtar ini memiliki tiga tanah dan bangunan dari hibah.

Sementara, asep pribadi hanya ada di Kota Cimahi. Erwan memiliki tanah dan bangunan seluas 328 m² yang bernilai Rp2 miliar. Hanya satu ini yang dilaporkan merupakan asep secara pribadi.

Berita Terkini Lainnya