TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilgub Jabar 2024 Sah Diikuti Empat Paslon, Berikut Daftanya

Empat Paslon sah berlaga di Pilgub Jabar

ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Bandung, IDN Times - Sebanyak empat bakal pasangan calon (Bapaslon) dinyatakan memenuhi syarat dan sah berlaga di Pilgub Jabar 2024. Ketetapan ini disampaikan langsung oleh KPU Provinsi Jabar dalam rapat pleno, Minggu (22/9/2024).

Diketahui, empat Paslon ini yaitu, Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) berisi Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, Partai Buruh, Perindo, Gelora, PBB, Garuda, PKN.

Sementara, Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie diusng NasDem, PKS, PPP. Pasangan Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina oleh PKB, dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja dan PDI Perjuangan.

"Kemarin pukul 14.30 WIB, tadi melakukan rapat pleno tertutup terkait dengan empat paslon, Dan ditetapkan 4 paslonnya memenuhi syarat semuanya karena pada jeda kemarin di tanggal 15-18 September ini kita membuka tanggapan masyarakat dan untuk 4 ini nihil," ujar Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, dikutip Senin (23/9/2024).

1. Berkas perbaikan sudah dipenuhi

Sementara, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Adie Saputro mengatakan, rapat pleno penetapan pasangan calon berjalan dengan lancar. Meskipun sebelumnya dalam penetapan semua Paslon belum memenuhi syarat.

"Sebenarnya kalau kita melihat di tanggal 14, kami menerbitkan berita acara hasil penelitian dan verifikasi faktual terhadap syarat calon perbaikan kepada seluruh paslon yang dihadiri tim LO dan Bawaslu," katanya.

Dengan cepatnya proses perbaikan persyaratan administrasi yang dilakukan keempat paslon, KPU Jabar kemudian tinggal menunggu tanggapan dari masyarakat.

"Kami menunggu pada tanggal 15-18 September apakah ada tanggapan dari masyarakat, kalau seandainya ada maka akan kami verifikasi tanggapan tersebut sampai 21 September kemarin," ungkapnya.

2. Tanggapan masyarakat sudah dipenuhi

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mhd Saifullah)

Dikarenakan tak ada tanggapan dari masyarakat terkait pendaftaran keempat paslon, maka kata Adie, rapat penetapan pasangan calon bisa dilaksanakan lebih cepat dan hasilnya menyatakan semuanya memenuhi syarat berlaga di Pilgub Jabar.

"Setelah kami lihat pada tanggal 18 September sampai pukul 23:59 WIB, tidak ada satu pun warga yang menyampaikan tanggapan, sehingga kami nyatakan tanggapan masyarakat nihil untuk seluruh 4 paslon tersebut, sehingga pada hari ini kita bisa menetapkan rapat penetapan dan sudah lebih cepat kalau seandainya ada klarifikasi tanggapan," jelasnya.

Berita Terkini Lainnya