TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dinkes Pastikan Belum Ada Transmisi Lokal Varian Omicron di Jabar

Belum ada laporan kasus dari Kabupaten dan kota di Jabar

ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) memastikan belum ada transmisi lokal varian Omicron di wilayahnya. Kasus Omicron saat ini baru ditemukan pada warga Jabar yang pulang dari luar negeri.

Nina Susana Dewi, Kepala Dinkes Jabar mengatakan, dari 27 kabupaten dan kota belum ditemukan adanya laporan warga yang terinfeksi Omicron. Rumah sakit juga belum ada yang melaporkan kasus mutasi varian COVID-19 itu.

"Transmisi lokal belum ada, dan belum ada bukti pasien Omicron di rumah sakit Jabar, karena yang positif semua masih dikarantina di Jakarta," ujar Nina, Rabu (5/1/2022).

1. Dinkes Jabar bilang ada sembilan warga Jabar positif Omicron

ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan informasi yang diterima, Nina bilang, Dinkes Jabar baru mendapatkan laporan bahwa ada sembilan warga Jabar terinfeksi Omicron. Adapun sembilan orang ini tengah menjalani karantina di Jakarta.

"Saat ini ada sembilan warga Jabar yang baru pulang dari luar negeri, hasil labnya positif Omicron. Mereka masih dikarantina di Jakarta," katanya.

2. Ridwan Kamil sebut ada 20 warga asal Jabar terinfeksi Omicron

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil menyatakan ada sebanyak 20 warga Jabar terinfeksi Omicron. Puluhan orang itu diketahui positif di batas negara atau bandara.

"Hari ini tercatat warga Jabar yang datang dari luar negari, kemudian dikarantina, dan diketahui terinfeksi Omicron ada 20 orang. Jadi ini breaking news," ujar Emil, Senin (3/1/2022).

Sebanyak 20 orang yang terinfeksi Omicron dipastikan bukan dari transmisi lokal. Emil bilang, warga Jabar yang positif Omicron diketahui telah melakoni perjalanan luar negeri. Sehingga, Ia memastikan belum ada kasus penularan lokal.

"Tidak di level komunitas, semuanya tersisir di batas negara yaitu di bandara, KTP-nya tercatat warga Jabar. Omicron belum ada di tanah Jabar, per hari ini. Tapi, yang KTP Jabar sekarang karantina di Jakarta ada 20 orang. Kira-kira begitu," ucapnya.

Baca Juga: Dunia Baru Dilanda Omicron, Kini Heboh Varian IHU Ditemukan di Prancis

Baca Juga: WHO: Banyak Bukti Omicron Sebabkan Gejala Lebih Ringan

Baca Juga: Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng Bersubsidi

Berita Terkini Lainnya