Asep Nana Mulyana Disebut Berpeluang Besar Jadi Pj Gubernur Jabar

Asep Nana Mulyana kemungkinan diusulkan juga oleh Kemendagri

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat resmi mengusulkan tiga nama Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Ridwan Kamil. Tiga nama ini yaitu Bey Triadi Machmudin, Asep Mulyana dan Keri Lestari.

DPRD Jabar telah mengirimkan usulan ini pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah itu, usulan akan disampaikan pada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun, Kemendagri juga berhak mengusulkan tiga nama, di mana artinya presiden akan memilih satu dari deretan usulan nama versi DPRD dan Kemendagri. 

1. Asep Nana Mulyana memiliki rekam jejak yang baik

Asep Nana Mulyana Disebut Berpeluang Besar Jadi Pj Gubernur JabarKepala Kejaksaan Tinggi Negeri (Kajati) Jawa Barat (Jabar) Asep Nana Mulyana (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Menanggapi hal ini, Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran (Unpad), Profesor Muradi mengatakan, dari tiga nama ini nantinya akan ada satu nama yang usulannya sama dengan Kemendagri.

"Mungkin hanya salah satu (yang sama), kalau gak Pak Asep ya Pak Bey, salah satu dari itu. Kan Kemendagri juga akan menampung aspirasi, dari situ tim penilai akhir itu ya dilihat bagaimana. Jadi dari tiga ini akan ada satu nama yang mirip di Kemendagri," ujar Muradi saat dikonfirmasi, Kamis (3/8/2023).

2. Peluang Bey Triadi Machmudin sangat kecil diusulkan oleh Kemendagri

Asep Nana Mulyana Disebut Berpeluang Besar Jadi Pj Gubernur JabarTwitter

Muradi menjelaskan, dari dua nama itu jika dikerucutkan lagi pada satu nama yang berpotensi dipilih yaitu Asep Nana Mulyana. Mengingat, Bey Triadi Machmudin kini mengemban jabatan di Sekretariat Presiden.

"Kenapa gak Pak Bey, karena dia orang yang sama dengan Pj Gubernur DKI Heru Budi (dari Sekretariat Presiden), gak mungkin dua-duanya diambil, nanti kosong di Istana. Jadi mungkin Pak Asep, dia APH pernah di Jabar, punya akses nasional, dia jauh lebih punya power," katanya.

3. Komjen Rudy Sufahriadi juga berpotensi diusulkan Kemendagri

Asep Nana Mulyana Disebut Berpeluang Besar Jadi Pj Gubernur JabarIDN Times/Galih Persiana

Muradi menambahkan, selain dua nama ini, Kemendagri kemungkinan mengusulkan orang lain dari pejabat di pemerintahan yang setara dengan Eselon I atau setingkat gubernur.

Beberapa nama yang sempat mencuat, kata dia, ada Komjen Rudy Sufahriadi Sekretaris Utama Lemhanas; dan Komjen Nana Sudjana Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI.

"Yang digadang-gadang itu ada dua nama, yaitu Rudi Sufahriadi itu Sekretaris Utama Lemhanas. Kedua Nana Sudjana dia pernah jadi Kapolda Metro, juga pernah di Jabar. Menurut saya dua nama itu perlu dipertimbangkan," kata dia.

Baca Juga: Intip Rekam Jejak Tiga Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Baca Juga: DPRD Resmi Tetapkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya