TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bey Minta Warga Ujungberung Tak Tolak Nyamuk Wolbachia

Nyamuk Wolbachia dipastikan aman

Jentik nyamuk ber-Wolbachia dalam wadah yang nantinya menjadi nyamuk yang dapat menekan kasus DBD. (IDN Times/Daruwaskita)

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin meminta warga Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung tidak menolak penyebaran nyamuk Wolbachia oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Nyamuk ini dipastikannya aman.

Menurut Bey, Wolbachia merupakan sebuah cara pemerintah pusat untuk mengurangi keberadaan nyamuk Demam Berdarah (DBD). Sehingga, dia meminta masyarakat tidak menolak keberadaan nyamuk ini.

"Kami berharap tidak ada penolakan. Sebetulnya tujuan nya baik untuk kita semua kan," ujar Bey di Bandung, Senin (27/11/2023).

1. Wolbachia tidak membayangkan untuk masyarakat

Kemudian, Bey mendorong agar Pemerintah Kota Bandung melalui puskesmas bisa turut mensosialisasikan ke masyarakat bahwa nyamuk Wolbachia merupakan salah satu cara yang bisa menenkan kasus DBD dalam kondisi seperti saat ini.

"Nanti melibatkan Puskesmas diberitakan bahwa ini aman. Bukan sesuatu yang membahayakan, justru mengamankan kita untuk kedepannya," ucapnya.

2. Kemenkes akan melakukan evaluasi atas program ini

Bey menambahkan, Kecamatan Ujungberung sendiri dipilih oleh Kementerian Kesehatan karena beberapa alasan. Namun, dia memastikan nantinya akan ada evaluasi dari pemerintah pusat.

"Ini sosialisasinya untuk semua. Dengan cara bertahap sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Berita Terkini Lainnya