KPU Jabar: Kirab Pilkada 2024 Akan Undang Banyak Massa

Kirab bakal digelar di seluruh kabupaten dan kota di Jabar

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan segera menyelenggarakan Kirab Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai langkah sosialisasi ke 27 kabupaten dan kota. Kegiatan ini nantinya akan turut mengundang banyak massa.

"Kami nanti ada kirab melewati semua kabupaten/kota di Jawa Barat. Apa yang kami kirabkan itu adalah bendera Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KPU sebagai simbol bahwa nanti itu kami akan memilih gubernur," ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia, Sabtu (7/9/2024).

1. Ada beberapa titik yang akan mengundang banyak massa

KPU Jabar: Kirab Pilkada 2024 Akan Undang Banyak MassaIlustrasi pemilihan kepala daerah (pilkada). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kirab itu, kata Hedi, akan mengundang beberapa elemen masyarakat agar turut berpartisipasi langsung dalam Pilkada 2024. Beberapa kegiatan ia pastikan bakal dibuat di seluruh daerah Jawa Barat.

"Di beberapa titik kami akan buat kegiatan yang bakal mengundang massa dalam jumlah banyak," ucapnya.

2. Kegiatan digelar selama dua hari

KPU Jabar: Kirab Pilkada 2024 Akan Undang Banyak MassaIlustrasi Pilkada 2024. (ANTARA/Arif Fqh)

Kemudian, kirab tersebut nantinya juga akan diisi oleh sejumlah mobil yang telah didesain secara khusus agar turut mengenalkan kepada masyarakat bahwa hak suaranya harus disalurkan dengan baik.

"Kami akan desain ada mobil bak terbuka yang membawa beberapa bendera, kemudian nanti tentu saja ada pengeras suara, kemudian ada pembagian bahan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Rencananya, kirab tersebut akan berlangsung selama dua hari di setiap kabupaten/kota di Jabar.

"Jadi nanti masuk ke kota/kabupaten tertentu, nanti ada seremonial, ketika di kabupaten/kota tertentu selama dua hari harus diarak di wilayah tersebut. Nanti geser lagi ke kabupaten/kota selanjutnya, terus sampai semua kabupaten/kota terlintasi," ujarnya.

3. Jadwal tengah disusun

KPU Jabar: Kirab Pilkada 2024 Akan Undang Banyak MassaIlustrasi Pilkada 2024. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Lebih lanjut, Hedi memastikan, program ini merupakan bagian dari upaya KPU Jabar dalam menyosialisasikan Pilkada 2024 demi meningkatnya angka partisipasi pemilih.

Adapun KPU Jawa Barat kini masih terus mempersiapkan semua hal teknis agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar.

"Segera, kami sedang siapkan jadwal dan hal-hal teknisnya. Sehingga pada pelaksanaannya jauh lebih matang lagi. Bisa setelah penetapan," kata dia.

Baca Juga: Deretan Janji-janji Bakal Pasangan Calon Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut: Jabar Sabet Rebut Medali Emas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya