TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Aksi Juru Parkir Liar di Braga Viral, Tarif Digetok Rp25 Ribu

Dishub duga juru parkir dalam keadaan mabuk

potret Jalan Braga (commons.wikimedia.org/J-lorentz)

Bandung, IDN Times - Dugaan aksi juru parkir (Jukir) di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung viral di media sosial TikTok yang diunggah oleh Daniel Calvin (27 tahun). Ia mengaku menjadi korban dari aksi dugaan parkir liar ini.

Saat dikonfirmasi, Calvin membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, getok tarif parkir ini terjadi saat mengunjungi kawasan Braga pada Minggu (15/9/2024) malam. Saat itu ia langsung diminta untuk membayar terlebih dahulu.

"Jadi kan saya parkir di Jalan Braga arah Asia Afrika (depan Sarinah). Kemarin kan car free day jam 19.00 WIB. Ketika parkir ada yang nyamperin orang pakai jaket hitam, bukan jaket Dishub. 'A parkirnya sekarang' kata dia," ucap Calvin saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2024).

1. Sempat beradu argumen

Jalan Braga (instagram.com/muhfauzy)

Calvin kemudian memberikan uang Rp10 ribu. Hanya saja, uang itu ditolak dan jukir meminta nominal Rp25 ribu kepadanya. Merasa dirugikan, Calvin sempat beradu argumen dengan jukir itu.

"Dikasih Rp10 ribu sama saya, dia jawab 'A di sini mah 25'. Gua kan gak suka ya, kenapa tiba-tiba 25? Jangan mentang-mentang lagi ramai orang gini jadi naik harga kan," kata Calvin mengulangi perbincangan dengan juru parkir.

"Apaan Rp25 ribu? Biasana di dieu ge tara Rp25 ribu, Rp10 ribh ge geus untung (biasanya gak pernah 25, 10 juga udah untung)," kata Calvin.

2. Petugas berompi Dishub juga sebut tarif Rp25 ribu

Setelah beradu argumen, Calvin mengatakan, sang jukit kekeuh meminta agar parkir dibayar senilai Rp25 ribu. Bahkan jukir tanpa rompi Dishub tersebut meminta bantuan jukir lainnya yang menggunakan rompi Dishub.

"Iya di sini mah Rp25 ribu, kata dia yang pakai rompi Dishub. Kalau gak mau, ya sudah gak usah parkir di sini, silakan kami juga tidak mempersilakan parkir di sini kan. Dari situ saya gak terima," ungkap Calvin.

Berita Terkini Lainnya