Comscore Tracker

Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades Purwakarta

RSUD Bayu Asih siapkan psikiater untuk Cakades yang depresi

Purwakarta, IDN Times - Lebih dari setengah juta penduduk Kabupaten Purwakarta mengikuti pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa serentak di 170 desa, Sabtu (16/10/2021). Hak pilih mereka akan menentukan kepala desa dari 573 calon yang ada.

Perbandingan yang jauh antara calon kepala desa dan desa yang ada berpotensi menyulitkan persaingan antar peserta. Karena itu, Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Purwakarta menyiapkan psikiater untuk mengantisipasi Cakades yang depresi.

"Klinik kesehatan jiwa dengan dua psikiater sudah kita siapkan untuk penanganan pasien depresi," kata Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Agung Darwis Suriaatmadja, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Sabtu (16/10/2021).

1. Cakades diminta mempersiapkan fisik dan mental

Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades PurwakartaIlustrasi pemilihan kepala desa. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Agung pun memberikan saran kepada para Cakades serentak kali ini untuk menghindari depresi dalam Pilkades kali ini. Mereka yang gagal terpilih diminta fokus pada pengendalian diri, tidur yang cukup dan makan teratur.

Para peserta Pilkades diharapkan sudah mempersiapkan fisik dan mental mereka agar dapat menerima kemenangan maupun kegagalan. "Sejauh ini, kami belum pernah merawat pasien depresi akibat gagal dalam Pilkades," katanya.

2. Bupati ikut menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkades

Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades PurwakartaFacebook Anne Ratna Mustika

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika ikut memberikan hak pilihnya untuk Pilkades di Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan. Ia memastikan para aparatur sipil negara termasuk dirinya akan bersikap netral.

"Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai harapan," tutur Anne, sambil menunjukkan jarinya yang telah ditandai tinta biru.

3. Seluruh persiapan telah dilakukan sebelum pelaksanaan Pilkades

Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades PurwakartaDok Diskominfo Purwakarta

Anne mengatakan waktu pencoblosan Pilkades serentak akan digelar pukul 07.00-13.00. Ia mengklaim seluruh persiapan Pilkades telah dilakukan oleh 850 orang panitia Pilkades, dan 9.376 orang kelompok penyelenggara pemungutan suara di 170 desa.

Selain itu, Anne menyebut personel pengamanan juga telah ditempatkan di 1.172 TPS. "Saya optimistis pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta akan berjalan sesuai dengan harapan, aman, damai, tertib dan sukses tanpa ekses," ujarnya.

4. Tim pengamanan disesuaikan dengan tingkat kerawanan konflik

Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades PurwakartaIlustrasi anggota kepolisian. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Sementara itu, Kepala Polisi Resor Purwakarta Ajun Komisaris Besar Suhardi Hery Haryanto juga memastikan kesiapan seluruh personel. Pasukan gabungan berjumlah 1.250 orang itu terdiri dari personel TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta.

Jumlah tim pengamanan di setiap TPS disesuaikan dengan jumlah penduduk dan tingkat kerawanan konflik di sana. Untuk desa yang dinilai sangat rawan akan ditempatkan lima personel yang terdiri dari tiga personil TNI-Polri dan dua Linmas.

"Personel yang bertugas tidak boleh lengah dan underestimated, semua harus siap siaga menjalankan tugas sesuai fungsinya masing-masing," tutur Hery seusai apel persiapan pasukan sehari sebelumnya.

Baca Juga: Terhenti PPKM, Pilkades Serentak KBB Digelar 28 November Mendatang

Baca Juga: Keren, 2 Pemuda di OKI Aplikasikan Scan Barcode di Pilkades

Baca Juga: Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya