Comscore Tracker

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Dombret Jual Hewan Ternak Secara Online 

Sektor peternakan di Purwakarta terkendala pandemik COVID-19

Purwakarta, IDN Times - Para peternak dan pedagang hewan kurban di Purwakarta mulai bersiap-siap menyambut Idul Adha 1442 Hijriah, Juli 2021 mendatang. Mereka memasarkan barangnya di Pasar Dombret.

Pasar Dombret adalah kependekan dari Pasar Domba Murah Berinternet. Lokasinya ada di Desa Cigelam Kecamatan Babakancikao namun penjualannya juga dilakukan secara daring (online).

1. Populasi melimpah, Purwakarta miliki potensi sektor peternakan

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Dombret Jual Hewan Ternak Secara Online dairyreporter.com

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi inisiatif masyarakat membuka Pasar Dombret. Metode pemasaran secara online diharapkan dapat menjadi solusi pemasaran hewan ternak di tengah pandemik COVID-19.

Anne menyebut Purwakarta memiliki potensi besar dari sektor peternakan. "Hari ini populasi domba bagus, sekitar 5,9 juta ekor dan bukan dari industri melainkan kultur atau peternakan," katanya saat peresmian Pasar Dombret, Minggu (30/5/2021).

2. Surplus hewan ternak terkendala pemasarannya

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Dombret Jual Hewan Ternak Secara Online pojok Bisnis

Menurut data yang diungkapkan Anne, hasil produksi peternakan sebenarnya sempat surplus pada 2016 dan 2017. Saat itu, populasi domba di Purwakarta mencapai tujuh juta ekor.

Anne mengklaim surplus domba itu dipicu program bupati sebelumnya Dedi Mulyadi yang meminta para pelajar untuk memelihara domba dari bantuan pemerintah. Mereka yang berhasil mengembangbiakkan hewan tersebut akan mendapatkan nilai tinggi.

"Masalahnya ketika terus dikembangbiakkan mereka mau pasarkannya ke mana. Jadi, domba yang dikembangbiakkan perlu dipasarkan semacam lewat Pasar Dombret ini," tutur Anne.

3. Pasar Dombret inisiatif kaum muda Purwakarta

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Dombret Jual Hewan Ternak Secara Online fwi.co.uk

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Nurdin Halid berharap Keberadaan Pasar Dombret akan membantu kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di tengah pandemik COVID-19. Terlebih, karena mereka menggunakan sistem koperasi.

Inisiator Pasar Dombret, Robi Nurhadi mengakui penjualan hewan ternak terkendala pandemik COVID-19. Pasalnya, para pedagang juga khawatir terpapar COVID-19 apabila menjajakan dagangannya di pinggir jalan seperti dahulu.

Para pedagang hewan kurban itu biasanya akan mulai bermunculan menjelang Idul Adha. "Anak-anak muda Purwakarta merespon kondisi saat ini dengan membuat Pasar Dombret," kata Robi.

4. Pedagang hewan ternak menyambut baik Pasar Dombret

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Dombret Jual Hewan Ternak Secara Online ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Harga hewan ternak di Pasar Dombret bervariasi mulai dari dua juta rupiah hingga puluhan juta rupiah per ekor. Salah seorang penjual hewan ternak, Uju menyambut gembira pembukaan Pasar Dombret.

"Pasar ini bisa memperlancar jual beli ternak. Kepada para pedagang, mari kita bersama-sama memajukan lingkungan sehingga ternaknya semakin bersaing. Jujur saya merasa terbantu adanya Pasar Dombret," tutur Uju pada wartawan.

Baca Juga: Kisah Bupati Purwakarta, Ambu Anne Urus Warga dan Keluarga Bersamaan

Baca Juga: Hari Kartini, Bupati Perempuan Pertama Purwakarta Luncurkan Buku

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya