TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nyamar Sebagai Keluarga, Pencuri di Bandung Gasak Mas Kawin Rp10 Juta

Aksi pencurian ini terekam CCTV dan viral di Instagram

Ilustrasi maling. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bandung, IDN Times - Aksi pencurian mas kawin senilai Rp10 juta dengan modus menyamar sebagai bagian keluarga terjadi di kawasan Jalan Rangkas Bitung, Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Kamis (9/5/2024).

Peristiwa pencurian ini pun terekam di CCTV dan viral di media sosial Instagram. Adapun korbannya bernama Muhamad Aditya Rahman (28 tahun). Dia menceritakan aksi pelaku dilakukan saat ia melangsungkan acara ngunduh mantu usai hari pernikahan dengan istrinya.

"Kemarin itu saya kan nikah hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024 dengan orang Demak, Jawa Timur, jadi saya tinggal dulu di sana (Demak) baru bawa keluarga istri ke sini (Bandung) untuk diperkenalkan," ujar Aditya pada awak media di kediamannya, Sabtu (11/5/2024).

1. Pelaku ikut rombongan keluarga

Aditya mengatakan, baik keluarga yang tinggal di Demak dan Bandung memang belum saling mengenal satu sama lain. Sehingga, ketika pelaku masuk ke rombongan keluarga dari Demak dan turun di kediamannya tidak ada ada yang menyadari, termasuk dirinya.

"Masuk dengan saya salaman, saya pikir itu adalah anggota keluarga istri yang baru bergabung karena di tengah jalan ada yang ikut, katanya baru dari Jakarta. Saya pikir beliau saudara, karena belum familiar juga mukanya," katanya.

2. Pencurian ini dilakukan dengan waktu yang singkat

Parahnya lagi, pelaku sempat meminta izin untuk ke kamar kecil. Saat itu, Aditya membuka tasnya untuk mengambil sebuah handphone miliknya, selepas itu tas diletakan di ruang TV yang seharusnya tidak bisa dijangkau oleh tamu.

Pelaku pun langsung beraksi, tas yang berisi cincin pernikahan dan uang tunai raib digasak habis. Untungnya aksi ini terekam oleh CCTV.

"Hanya tiga menit 40 detik, saya sadar pas mau cari tas, saya pikir lupa nyimpen terus sampe sore, saya cari di bawah kasur terus saya lihat CCTV loh ini siapa dari tadi orang ini gak ada. Ya sudah," katanya.

"Beban saya adalah itu emas seserahan, belum pernah pakai bahkan cincin nikah saya yang berumur berapa hari itu sudah raib. Di dalam ada uang tunai, total itu Rp10 juta," katanya.

Berita Terkini Lainnya