Comscore Tracker

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak Berpuasa

Amalan bagi wanita yang sedang haid

Seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan, baik secara hablum minallah maupun hablum minannas. Namun bagi perempuan, tidak bisa berpuasa satu bulan penuh karena ada masa haid.

Namun, ketika datangnya masa haid tidak perlu khawatir karena selama haid masih bisa diisi dengan 5 amalan baik sebagai berikut.

1. Dzikir dan perbanyak doa

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak Berpuasaumma.id

Tidak puasa dan salat bukan berarti lepas semua ibadah. Para perempuan yang sedang haid bisa menggantinya dengan berdzikir dan memperbanyak doa. Meminta ampunan, keberkahan hidup, kesehatan serta keselamatan dunia akhirat.

2. Mendengar murotal

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak Berpuasastraitstimes.com

Ketika tidak mungkin membaca Al Quran, mendengarkan murotal bisa jadi pengganti selama masa haid. Jika kamu punya target menghapal Al Quran tentunya ini jadi momen yang pas. Mendengar murotal dan diulang-ulang.

3. Sedekah dan memberi makan orang yang berpuasa

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak Berpuasawahdah.or.id

Bagi perempuan yang sedang haid masih bisa bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Memberi makanan berbuka pun Insya Allah akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa.

4. Membangunkan dan masak makan sahur untuk orang yang berpuasa

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak BerpuasaInstagram.com/burza.yogya

Haid bukan alasan untuk tidak bangun saat makan sahur. Kamu bisa membangunkan orang-orang sekitarmu dengan baik-baik. Jika di rumah, masaklah untuk anggota keluarga yang berpuasa.

5. Mendengar atau menonton kajian secara online

Haid saat Ramadan, 5 Amalan Ini Bisa Dilakukan Selagi Tidak Berpuasainstagram.com/okisetianadewi

Jangan bingung memilih ibadah apa yang diperbolehkan saat haid. Perempuan haid bisa banget nih mendengar atau menonton kajian via online untuk menambah ilmu agama.

Amalan-amalan tersebut sangat direkomendasikan bagi perempuan haid selama ramadan. Sehingga tidak ada celah untuk menyia-nyiakan waktu istimewa ini.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya