Comscore Tracker

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan 

Yuk kulineran di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Musim hujan mulai turun di sejumlah daerah. Hawa yang lebih dingin membuat kita selalu ingin menyantap makanan berkuah yang hangat.

Nah, bakso cuanki bisa jadi pilihan para wisatawan ketika berlibur di Kota Bandung. Sepintas cuanki ini mirip dengan bakso Malang karena berisikan tahu putih isi aci, pangsit rebus, pangsit goreng, siomay, bakso, dan bakso goreng.

Nama cuanki sendiri kerap disebut 'cari uang jalan kaki'. Sebutan itu disematkan karena dulunya sang penjual biasa menjajakan kuliner ini dengan cara berjalan kaki berkeliling ke pemukan warga.

Jadi jika kamu sedang berada di Bandung, kamu wajib coba jajanan enak nan murah meriah ini. Dan berikut ini rekomendasi beberapa cuanki terenak di Bandung yang bisa kamu coba.

1. Tjuankie Stasion

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan IDN Times/Istimewa

Di kawasan Stasiun Bandung ada kedai bakso Cuanki yang punya cita rasa gurih dan melezatkan, namanya Tjuankie Stasiun. Berlokasi di Jalan Kebon Kawung No 6, kedainya tidak terlalu besar, minimalis dengan ornamen vintage yang begitu kental. Di dalamnya bangku dan kursi diatur rapih, sehingga pengunjung bisa tetap nyaman selama menyantap makanan.

Bakso Cuanki Tjuankie Stasiun punya kuah yang begitu nendang. Rasanya gurih dari rebusan daging sapi yang dimasak lama sehingga menghasilkan kuah kaldu yang orisinil. Uniknya, bakso Cuanki di sini ditambahkan daging tetelan yang biasa ditemui di mie kocok. Penambahan daging tetelan ini semakin menambah kelezatan dari Tjuankie Stasiun.

Ada tiga pilihan menu yang bisa dipilih konsumen, yakni Cuanki Spesial Stasion (SS), Cuanki Polos (tanpa tetelan), dan Cuanki SS setengah porsi.

Lokasi : Jalan Kebon Kawung No.6, Cicendo, Pasikaliki, Kota Bandung

Harga : Satu porsi Rp16.000 sampai Rp24.000

2. Cuanki CLBK

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan instagram/yantisadaryanti

Salah satu tempat makan cuanki yang mencuri perhatian para pencari kuliner adalah Cuanki CLBK. Nama ini buka singkatan 'cinta lama bersemi kembali', melainkan 'cuanki lezat ketagihan kembali'. Meskipun Cuanki CLBK memiliki isian yang sama dengan cuanki lainnya, namun mereka menawarkan rasa cuanki super pedas yang banyak disukai anak muda.

Berbeda dengan cuanki lainnya, Cuanki CLBK ini lebih terkenal di sosial media terutama Instagram, karena mereka memang menjadikan sosial media sebagai tempat promosi utama. Maka tak heran jika cuanki ini banyak direkomendasikan oleh foodstagram asal Bandung.

Lokasi: Belakang SD Sejahtera Jl. Senang No. 28/34A, Pasteur, Sukajadi, Bandung,

Harga Mulai dari Rp20.000 sampai Rp35.000 per satu porsi

3. Cuanki Dara Kembar

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan alampriangan.com

Cuanki yang jadi rekomendasi berikutnya adalah cuanki Dara Kembar. Selain karena rasa cuankinya yang gurih dan nikmat, kedai cuanki Dara Kembar juga terkenal akan cara penyajiannya yang unik, yang gak bakal kamu temui di kedai cuanki lainnya. Di sini penyajian cuankinya menggunakan hot plate berbentuk wajan dan kuali mini berbahan gerabah atau tanah liat.

Menu cuanki paling favorit di kedai ini adalah cuanki reuwazz, yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate dengan kuah pedas yang terpisah. Disebut cuanki reuwazz alias cuanki kaget karena terdapat ranjau berupa cabe rawit utuh di dalam siomaynya yang bisa mengagetkanmu. Cocok banget nih buat kamu pecinta makanan pedas.

Di kedai ini juga kamu bisa menikmati bacang isi daging sapi sebagai teman makan cuanki. Sementara untuk mengurangi rasa pedasnya, kamu bisa meminum teh candu yang terbuat dari campuran teh manis dengan serai dan daun jeruk.

Lokasi : Jl. Gajah No. 41 Burangrang, Lengkong, Kota Bandung

Jam operasional : 10.00 - 22.00

Harga : Rp 10.000 - 20.000

4. Cuanki Serayu

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan IDN Times/Debbie Sutrisno

Cuanki Serayu merupakan kedai cuanki legendaris di Bandung yang telah eksis sejak tahun 1990. Rasa cuankinya yang enak dan jempolan, membuat kedai ini selalu dipenuhi pecinta kuliner berkuah setiap harinya. Jadi bila kamu mampir ke kedai ini, jangan kaget jika melihat antrean yang panjang ya.

Seporsi cuanki di sini berisi campuran bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor dengan taburan bawang goreng dan seledri di atasnya serta kuah kaldu rebusan tulang ikan yang gurih dan menyegarkan. Isian cuankinya besar-besar, sehingga selain enak juga mengenyangkan guys.

Selain cuanki, di kedai ini juga tersedia batagor yang renyah. Jadi di satu kedai kamu bisa menikmati dua kuliner khas Bandung yang sama enaknya.

Lokasi : Jl. Serayu No. 2, Cihapit, Kota Bandung

Jam operasional : 11.00 - 19.00, kecuali Jumat 13.00 - 19.00

Harga : Satu porsi Rp 17.000, setengah porsi Rp. 10.000

5. Cuanki Endos

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan Artikel

Satu lagi cuanki yang wajib kamu coba jika sedang di Bandung adalah cuanki Endos. Cuanki di sini selain rasanya enak, juga isian cuankinya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga cocok buat kamu yang ingin menikmati makanan berkuah yang enak, hangat sekaligus mengenyangkan.

Di Kedai ini terdapat dua menu cuanki, yaitu cuanki endos 1 yang berisikan bakso kasar, tahu goreng, tahu putih, siomay dan pangsit, serta cuanki endos 2 yang berisikan bakso kasar, tahu goreng, tahu putih, siomay dan pangsit dengan tambahan bakso halus. Selain itu kamu juga bisa menambahkan topping ceker ayam dan tulang ayam.

Kuah kaldunya yang gurih dan bikin nagih pun berbeda dengan kuah bakso pada umumnya yang menggunakan rebusan tulang sapi. Di kedai ini kuah kaldunya terbuat dari rebusan tulang ayam.

Lokasi : Jl. Kliningan No. 1, Buah Batu, Kota Bandung

Jam operasional : 09.00 - 21.00

Harga : Rp. 15.000 - 20.000

6. Cuanki Lakoca

6 Tempat Makan Cuanki di Bandung, Lezat Disantap di Musim Hujan instagram/gampangjajan

Berbeda dengan cuanki yang telah disebut di atas, cuanki Lakoca ini merupakan cuanki instan berbentuk kemasan yang gak kalah enaknya. Jadi kamu bisa menikmati cuanki khas Bandung ini dimana saja karena cukup diseduh pakai air panas seperti mie instan kemasan.

Satu cup cuanki Lakoca berisikan tahu dan siomay lengkap dengan bumbunya. Terdapat beragam rasa dari cuanki kemasan ini mulai dari rasa original, rasa kari ayam, hingga rasa soto. Meskipun hadir dalam bentuk kemasan, namun cuanki Lakoca dijamin tanpa MSG dan bahan pengawet.

Selain bisa datang langsung ke gerai cuanki Lakoca yang terletak di Jl. Kolonel Masturi, Komp. Rinjani No. 16, Cipageran, kamu juga bisa membeli cuanki instan ini di minimarket atau lewat toko online dengan harga mulai Rp 15.000.

Baca Juga: Resep Cuanki Khas Abang-abang Gerobak di Bandung, Raos Pisan!

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris di Bandung, Nikmatnya Bikin Lupa Diri!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya