Comscore Tracker

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!

Dari brownies hingga kopi

Bandung, IDN Times – Liburan ke Bandung selalu menarik. Selain karena cuacanya yang adem, di Kota Bandung wisatawan bisa mendapatkan pakaian dan makanan dengan harga murah.

Tak pelak, sejak hari pertama setelah lebaran kemacetan terjadi di Kota Bandung, terutama ketika malam hari tiba. Toko-toko pakaian yang berjejer di Jalan Ir. H. Djuanda dan Cihampelas, menjadi magnet yang diserbu para wisatawan. Antrean panjang pun terlihat di di gerai-gerai kuliner yang tumbuh berjamur sejak sepuluh tahun terakhir.

Tapi, liburan ke Bandung tak lengkap jika tak membawa buah tangan untuk famili dan sahabat di rumah. Maka itu, berikut IDN Times rekomendasikan lima oleh-oleh khas Bandung dengan harga dibawah Rp100 ribu

1. Pisang bollen

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!Sumber Gambar : borntobite.blogspot.com

Bagi para pecinta penganan, tak ada salahnya membawa pulang pisang bollen yang menjadi oleh-oleh andalan Kota Bandung sejak lama. Di Kota Kembang ini, banyak pilihan toko kue yang menyediakan pisan bolen lezat dan murah.

Salah satunya adalah Kartika Sari, yang memiliki banyak gerai toko di Bandung. Salah satu yang terbesar berdiri di Jalan Ir. H. Djuanda, alias Dago. Bagi Kartika Sari, Pisang bollen merupakan produk unggulannya, yang diolah dari pisang dan keju dan dibalut dengan adonan kulit pastry yang renyah.

Ada beberapa varian pisang bollen yang bisa didapatkan di gerao-gerai Kartika Sari. Selain pisang keju spesial, ada pula varian lain seperti pisang bollen keju coklat, durian, nanas, dan kacang hijau.

Untuk mendapatkan pisang bollen Kartika Sari, anda tak perlu menguras dompet. Dengan Rp48.000-62.500, Anda bisa mendapatkan sepuluh potong pisang bollen. Murah, bukan?

2. Brownies kukus

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!happybirthdayworld.net

Soal penganan, Kota Bandung bukan cuma terkenal dengan pisang bollen-nya saja. Ada pula brownies kukus yang bisa didapatkan di berbagai toko, salah satunya yang paling terkenal ialah Amanda Brownies.

Dengan olahan Amanda, brownies kukus terasa lebih gurih dan pas di lidah. Gerai Amanda Brownies sendiri kini dapat ditemui di berbagai titik strategis Kota Bandung, salah satunya Jalan Dago. Brownies Kukus ini bisa didapatkan di pasaran dengan harga mulai dari Rp40 ribu per kardus.

Amanda Brownies adalah salah satu merek penganan khas Kota Bandung yang memiliki sejarah panjang. Sang pencetus, Sumi Wiludjeng, memulai usaha itu pada 1999 dengan menjajakan kuenya ke rumah-rumah tetangga, kerabat, dan langganan. Amanda merupakan akronim dari “anak mantu damai”, karena dibangun atas keharmonisan antara anak dan sang mantu.

3. Tahu

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!hellosehat.com

Selain berbagai penganan, ada pula tahu yang menjadi oleh-oleh andalan Bandung. Berbeda dengan Sumedang, Kota Bandung dikenal dengan tahu kuning yang empuk. Kelebihan dari pada membawa oleh-oleh tahu, antara lain karena dapat diolah kembali menjadi makanan lain dengan cara digoreng, disayur, hingga dipepes.

Salah satu merek tahu kenamaan asal Bandung, ialah Tahu Yun Yi. Merek tersebut telah berdiri sejak 1940-an, dan menjadi idola masyarakat Bandung sejak saat itu. Dengan keledai pilihan, Tahu Yun Yi punya tekstur lebih lembut ketimbang tahu kuning lainnya.

Seiring perkembangan bisnis, Tahu Yun Yi yang telah mengantongi sertifikat halal, kini bisa diperoleh di pasar modern. Dengan manuver tersebut, saat ini masyarakat lebih mudah mendapatkan Tahu Yun Yi.

Dari segi bahasa, Yun Yi berarti bermanfaat dan beruntung. Bermanfaat, pasti, karena tahu memang menjadi salah satu makanan berprotein tinggi. Tahu Yun Yi dapat dibeli mulai harga Rp3 ribu per potong.

4. Kopi

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!pixelstalk.net

Setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki kopi unggulannya sendiri. Tak terkecuali Bandung, kota yang memiliki pegunungan di seluruh penjuru mata anginnya. Setiap gunung yang mengelilingi Bandung itu memiliki kebun kopi sendiri, dengan cita rasa yang beraneka ragam.

Tapi, bagi para wisatawan tak perlu menuju pegunungan untuk mendapatkan kopi pegunungan Bandung. Di Bandung, terdapat salah satu toko kopi legenda yang terletak di Jalan Banceuy nomor 15, yakni Koffie Fabrik Aroma alias Kopi Aroma.

Kopi Aroma sendiri sejauh ini tak memiliki gerai lain selain di Jalan Banceuy yang terletak dekat Pasar Baru Bandung itu. Ada empat bentuk kopi yang dapat dibeli di toko Kopi Aroma, di antaranya adalah biji matang, giling halus, giling medium, dan giling kasar.

Kopi Aroma bisa didapatkan dengan harga yang ramah buat kantung. Mulai dari Rp25 ribu, Anda bisa membawa pulang kopi seberat 250 gram.

5. Batagor

Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Dibawah Rp100 Ribu!joss.co.id

Oleh-oleh favorit Bandung yang bisa didapat dengan harga murah lainnya ialah Batagor. Batagor, alias Bakso Tahu Goreng, sudah sejak lama menjadi pilihan wisatawan dalam memilih oleh-oleh karena rasanya yang gurih dan dapat diperoleh dalam bentuk mentah.

Di Bandung sendiri terdapat beberapa merek batagor kenamaan, salah satunya ialah Batagor Riri. Merek tersebut memiliki olahan khas dapurnya, yang bikin pengunjung, terutama wisatawan, tak kapok mencicipi batagor. Bahkan, Batagor Riri juga kerap kali dikunjungi pesohor tiap kali berada di Bandung.

Batagor Riri dijual Rp8.000 per potong, atau sekitar Rp80 ribu per paket. Kini, Batagor Riri telah memiliki banyak gerai, di antaranya yang berdiri di Jalan Dr. Setiabudhi dan Dago.

Bawa oleh-oleh khas Bandung kini gak perlu bingung lagi ya, kamu bisa pilih lima oleh-oleh khas Bandung dengan harga dibawah Rp100 ribu di atas ya! Dijamin ramah di dompet!

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You