Comscore Tracker

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung Burangrang

Temukan kesegaran dan ketenangan di ketinggian 1.400 mdpl

Bandung Barat, IDN Times - Keindahan destinasi wisata alam di Bandung Barat memang tidak ada habisnya. Kesejukan dan keasrian alam Lembang juga menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk sekadar mencari kesegaran dan ketenangan di sela kepadatan aktivitas.

Berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl), Curug Layung menjadi rekomendasi para traveller yang cinta keasrian alam.

1. Ada dua jalur untuk sampai di Curug Layung

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung Burangranginstagram.com/@yovianggara_s

Curug Layung berada di tengah hutan yang masuk dalam kawasan Perhutani KPH Bandung Utara. Secara administratif, air terjun ini masuk dalam wilayah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

Untuk menuju Curug Layung ini terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Gapura Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

Jika pengunjung beangkat dari arah Kota Bandung, untuk menuju ke lokasi ini bisa melalui Jalan Setiabudhi, dan masuk ke Jalan Cihideung (depan Terminal Ledeng). Sementara jika pengunjung berasal dari arah Cimahi, wisatawan bisa melalui Jalan Kolonel Masturi menuju Kecamatan Cisarua.

Tepat di Gapura Komando (Dusun Bambu) masuk terus ke arah utara sekitar 500 meter. Jangan khawatir, kendaraan roda empat pun bisa mengakses jalur ini. Kemudian, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang Wisata Curug Layung. Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp10 ribu.

Jalur kedua, pengunjung bisa lewat objek Wisata CIC. Objek wisata CIC ini masih berada di dekat pintu gerbang objek wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti jalur menuju CIC dan membeli tiket seharga Rp 7.000. Dari area wisata CIC ini, Anda bisa menuju Curug Layung melewati jalur sungai atau jalur kebun teh.

2. Pepohonan pinus di tengah perjalanan

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung Burangranginstagram.com/@patylisesnsi

Bagi pecinta hiking, jalur CIC lebih menarik untuk dilalui. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menyusur jalur Sungai Cimahi melewati jembatan bambu yang melintang di atas aliran sungai sekaligus bisa menikmati Curug Tilu yang airnya dialiri setelah Curug Layung.

Sebelum sampai ke lokasi Curug, pengunjung juga disuguhkan dengan bentangan luas perkebunan teh Sukawana dan pemandangan eksotis Gunung Tangkuban Parahu.

Dari wisata CIC, Curug Layung bisa ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 30 menit sampai 1 jam. Lelah perjalanan akan dibayar dengan keindahan pepohonan pinus yang berdiri di kanan kiri pejalan dan tentunya dengan keasrian air asli pegunungan Burangrang.

3. Ada 10 spot foto menarik

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung Burangranginstagram.com/@bandunginframe

Petugas Perum Perhutani KPH Bandung Utara, Yopi Nugraha mengungkapkan objek wisata Curug Layung dibuka sejak tahun 2014. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisata diklaim perlahan meningkat.

Dibangun di atas luas 10 hektare, area wisata Curug Layung telah dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable.

Pengelola menyiapkan sekitar 10 pilihan spot foto, seperti tangan dewa, perahu terbalik, bukit cinta, kayu putih, hingga Sangkuriang. Hal demikian sengaja diciptakan pengelola untuk menarik pengunjung lebih banyak.

4. Manfaatkan limbah botol air mineral untuk gapura

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung Burangranginstagram.com/@suciasyazia

Bukan hanya itu, berbagai ornamen yang terbuat dari limbah plastik pun disuguhkan menjadi karya daur ulang dan dipamerkan untuk background swafoto para pengunjung.

Di bagian depan terlihat adanya tumpukan botol plastik yang ditata cantik membentuk tulisan 'Wisata Alam Curug Layung Camp'. Selain itu, ada pula limbah botol air mineral yang dibentuk gapura.

"Spot ini masih baru, awalnya kami sedikit kewalahan dengan banyaknya botol plastik air mineral yang dibuang para pengunjung. LMDH Kertawangi kemudian mengubah sampah itu menjadi spot-spot foto," ujar Yopi.

5. Kolam besar di area curug bisa digunakan untuk berenang

Mengunjungi Kesegaran Curug Layung di Kaki Gunung BurangrangInstagram.com/@triatdewi

Tinggi air Curug Layung ini memang tidak terlalu tinggi. Namun, keunggulan dari curug ini justru terletak pada kolam alami yang cukup luas. Biasanya curug ini dijadikan area berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang.

Curug ini ada di urutan paling hulu di aliran Sungai Cimahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay.

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You