Persib Sesalkan Kericuhan Bobotoh dan Pasoepati di Stadion Pakansari 

Persib unggul dalam laga ini

Bandung, IDN Times - Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) menyesalkan terjadinya kericuhan antara Bobotoh dan kelompok suporter Persis Solo di tribun Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (4/5/2023).

Akibat kericuhan yang dipicu oleh ledakan petasan tersebut, pertandingan Persib vs Persis Solo sempat dihentikan pada menit ke-76.

"Persib sama sekali tidak mentolerir tindakan kekerasan atau anarkis yang dilakukan oleh oknum suporter" ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, Rabu (5/4/2023).

1. Mengutuk keras aksi anarkis suporter

Persib Sesalkan Kericuhan Bobotoh dan Pasoepati di Stadion Pakansari IDN Times/Istimewa

Ia mengklaim jika Persib selalu menjunjung tinggi sportivitas, baik di dalam maupun luar lapangan untuk menciptakan iklim sepak bola yang damai, aman, dan nyaman. Dengan begitu, sepak bola bisa dinikmati oleh semua kalangan. 

"Kami tentunya mengutuk keras tingkah laku anarkisme yang dilakukan oleh oknum suporter, mereka tidak pernah belajar dan mau sampai kapan bisa berubah kalau mentalitasnya tidak memiliki jiwa sportivitas seperti ini" ujarnya. 

Beruntung, kericuhan yang lebih luas bisa dicegah berkat kesigapan personel keamanan sehingga pertandingan pun bisa dilanjutkan.

2. Berawal dari saling memprovokasi

Persib Sesalkan Kericuhan Bobotoh dan Pasoepati di Stadion Pakansari IDN Times/Galih Persiana

Insiden ini terjadi pada menit ke-76 laga, ketika Persib unggul 2-1 atas Persis. Semua berawal dari adu provokasi yang dilakukan antar kedua suporter sepanjang laga. Kemudian, secara tiba-tiba suporter Persis bergerak dari tribune selatan.

Mereka langsung mencoba menghampiri tribun suporter Persib, yang berada di tribun timur. Terprovokasi, suporter Persib yang berada di tribun timur pun langsung bergerak menuju tribun selatan.

Di tribun samping selatan yang dekat ke timur, kedua suporter pun sempat sedikit beradu. Tampak juga dari pantauan IDN Times, ada pagar yang jebol di tribun samping selatan tersebut. Terlihat juga para steward yang coba mengamankan situasi.

3. Diamankan steward dan polisi

Persib Sesalkan Kericuhan Bobotoh dan Pasoepati di Stadion Pakansari Ilustrasi kericuhan. (Twitter/@brfootball).

Buntut dari kericuhan ini, laga pun sempat dihentikan pada menit 78, dengan kedudukan masih 2-1 untuk keunggulan Persib. Proses pengamanan dilakukan oleh para steward. Pihak kepolisian pun turut melakukan pengamanan.

Sepanjang laga, suporter Persib dan Persis memang saling melempar provokasi. Selain memengaruhi tensi laga, hal itu juga memengaruhi tensi antara kedua suporter, hingga keributan pecah di menit 76.

Baca Juga: Kericuhan Suporter Terjadi di Laga Persib vs Persis

Baca Juga: Gagal Pakai GBLA, Laga Persib vs Persis Digelar di Stadion Pakansari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya