Stadion GBLA Dipasangi Garis Polisi Pasca Meninggalnya 2 Bobotoh

Penggunaan GBLA untuk home base Persib dihentikan sementara

Bandung, IDN Times - Garis Polisi melintang di salah satu akses pintu masuk menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Pemasangan garis polisi tersebut setelah adanya dua Bobotoh meninggal ketika pertandingan Persib vs Persebaya, Jumat (17/6/2022).

Area di sekitar stadion terutama di gerbang V terlihat sudah dipasangi garis polisi. Tak sembarang orang bisa mendekat ke area stadion. Bila hendak mendekat, maka harus memberitahukan maksud dan menunjukkan surat pada petugas keamanan yang berjaga.

"Wartawan jangan dulu (masuk) kata pengelola," kata seorang petugas keamanan ketika wartawan mencoba mendekat untuk memotret garis polisi dari dekat pada Senin (20/6/2022).

1. Polisi sudah ambil keterangan sejumlah petugas penjaga pintu stadion

Stadion GBLA Dipasangi Garis Polisi Pasca Meninggalnya 2 BobotohIDN Times/Debbie Sutrisno

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo membenarkan pihaknya telah memasang garis polisi tersebut. Menurutnya, pemasangan ini untuk kepentingan melakukan pendalaman atas insiden tewasnya dua Bobotoh. Selain itu, garis polisi dipasang karena ada sejumlah bagian stadion yang sedang diperbaiki.

"Memang kan kita sekarang melaksanakan pendalaman di Stadion GBLA maka areanya kita police line untuk melakukan investigasi," kata dia.

2. Polisi sudah rekomendasikan agar stadion ini tidak dulu dipakai

Stadion GBLA Dipasangi Garis Polisi Pasca Meninggalnya 2 BobotohFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Sejauh ini, kata Ibrahim, hasil dari pendalaman yang telah dilakukan oleh polisi yakni berupa rekomendasi agar pertandingan lanjutan Piala Presiden tak digelar di Stadion GBLA. Kemudian, pertandingan pun tak dihadiri oleh penonton.

"Kita telah mengeluarkan rekomendasi kepada panitia pelaksana untuk melaksanakan pertandingan berikutnya tanpa penonton dan yang kedua kita merekomendasikan untuk melaksanakan pertandingan di tempat lain dan bukan di GBLA," ujar dia.

3. Pertandingan dipindah sementara ke stadion Si Jalak Harupat

Stadion GBLA Dipasangi Garis Polisi Pasca Meninggalnya 2 BobotohStadion Si Jalak Harupat Kandang Persib (IDN Times/Galih Persiana)

Efek domino dari meninggalnya dua orang Bobotoh membuat laga penutup Grup C Piala Presiden dipindahkan ke Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Kabupaten Bandung. Tak hanya itu pertandingan ini pun digelar tanpa kehadiran penonton.

Komisaris PT PBB Umuh Muchtar mengatakan, kepastian untuk memainkan laga di SJH setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan kepolisian di Kabupaten Bandung berdasarkan arahan dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Selain pemindahan tempat pertandingan, laga tersebut pun dipastikan dihadiri tanpa penonton.

"Jadi fix di Jalak Harupat dan tanpa penonton. Besok tanpa penonton akan lebih aman yah. Ketimbang ada euforia ramai-ramai kan sekarnag masih berduka," ujar Umuh.

Menurutnya, penggunaan SJH sebagai markas Persib melakoni pertandingan resmi lebih baik ketimbang GBLA untuk sekarang. Karena berbagai fasilitas di SJH sudah memadai termasuk akses keluar masuk penonton dan pemain.

"Kemungkinan kalau nanti masih main di Bandung ya sudah di Jalak Harupat karena memadai," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya