Comscore Tracker

Pool Damri Bandung yang Digunakan Penumpang untuk ke BIJB Belum Nyaman

Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan demi pelayanan

Bandung, IDN Times - Bus yang disediakan Perum Damri Kota Bandung menjadi salah satu moda transportasi darat bagi penumpang pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang berada di Bandung dan sekitarnya. Sejauh ini belum banyak moda transportasi umum yang bisa mengantarkan penumpang sampai ke Bandara BIJB Kertajati. Alhasil, layanan bus Damri masih sangat diminati penumpang.

Terlebih saat ini penumpang tidak perlu merogok kocek sepeser pun untuk pergi dari Bandung menuju BIJB. Mereka cukup memperlihatkan tiket pesawat dan kartu tanda penduduk (KTP) untuk diperiksa. Jika sesuai, maka satu tiket bus pun berada di tangan.

Sayang, di tengah serbuan penumpang yang ingin berangkat ke BIJB Kertajati menggunakan bus, fasilitas di pool ini nyatanya tak sebanding. Mulai dari pakiran depan hingga parkiran belakang, seluruh pelataran tidak ada satu bagian pun yang diaspal. Pelataran ini masih berupa tanah merah dan bergelombang dengan banyaknya bebatuan ukuran besar.

1. Perum Damri akui kenyamanan di pool masih kurang

Pool Damri Bandung yang Digunakan Penumpang untuk ke BIJB Belum NyamanIDN Times/Debbie Sutrisno

General Manajer Perum Damri Kota Bandung, Mursalim, tidak menyangkal kondisi di pool Damri sekarang memang kurang maksimal dalam melayani penumpang. Lahan yang tidak terlalu besar, pelataran yang berdebu dan bergelombang, membuat penumpang agak kesulitan ketika datang ke pool.

"Saya tadi juga sudah mendengar keluh kesah penumpang yang ada di sini. Mayoritas mereka meminta pelataran diperbaiki karena susah pas bawa koper," ujarnya ditemui di pool bus Damri, Senin (1/7).

2. Rencanakan pemindahan bus kedatangan

Pool Damri Bandung yang Digunakan Penumpang untuk ke BIJB Belum NyamanIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini lima bus utama dan beberapa bus tambahan untuk mengangkut penumpang ke dan dari BIJB Kertajati seluruhnya masuk ke pool Damri yang tepat berada di depan Stasiun Bandung. Banyaknya bus membuat akses masuk dan keluar cukup menghambat penumpang maupun pengguna jalan.

Untuk memperbaiki sistem ini, Perum Damri berencana memindahkan tempat kedatangan ke pool Damri yang ada sedikit sebelum Stasiun Bandung.

"Tempatnya tidak terlalu jauh dari sini, tapi masih satu jalan juga. Di sana nanti khusus kedatangan saja jadi terpisah pergi dan pulang bus," ujarnya.

3. Penumpang pengguna bus perlahan terus bertambah

Pool Damri Bandung yang Digunakan Penumpang untuk ke BIJB Belum NyamanIDN Times/Debbie Sutrisno

Perbaikan pool ini, lanjut Musalim, karena jumlah penumpang yang ingin ke BIJB Kertajati dari pool Damri terus bertambah, seiring jumlah rute penerbangan yang cukup banyak. Saat ini armada bus yang dipersiapkan memang baru lima. Tapi jumlah ini bisa bertambah sewaktu-waktu jika memang penumpang membludak.

"Kalau mereka datang membawa tiket dan bus terparkir tidak akan cukup ya kita tambah bus, walaupun tipe dan fasilitasnya berbeda sedikit," ungkapnya.

Untuk bis tambahan, yang dipergunakan Perum Damri nantinya adalah bus berwarna biru yang kerap digunakan dalam keseharian mengangkut masyarakat dari satu terminal ke terminal lain. Meski berbeda, tapi bus ini dipastikan masih nyaman digunakan oleh penumpang.

Baca Juga: Menjajal Bus Damri Gratis dari Bandung ke BIJB Kertajati di Majalengka

Baca Juga: Baru Sandiaga yang Ucapkan Selamat kepada Jokowi-Ma'ruf

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You