Sepinya Kawasan Wisata Lembang saat Libur Panjang Iduladha

Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang lengang

Bandung Barat, IDN Times - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat sepi dipenghujung libur panjang Iduladha 1445 Hijriah/2024 pada Senin (17/6/2024). Arus lalu lintas pun terpantau lengah, tak seperti long weekend biasanya.

Berdasarkan pantauan, tak terlihat ada kepadatan kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang, dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya. Beberapa objek wisata bahkan buka lebih siang dari jadwal operasional biasanya.

"Memang untuk kunjungan wisata agak sepi kalau Iduladha. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya juga begitu. Mungkin kebanyakan keluarga memilih menghabiskan waktu bersama di rumah," kata General Manager TWGC Lembang, Sapto Wahyudi.

1. Okupasi penginapan tapi tetap tinggi

Sepinya Kawasan Wisata Lembang saat Libur Panjang IduladhaKendaraan Wisatawan Menunggu di Gerbang Masuk Menuju Objek Wisata di Lembang, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Meskipun kunjungan pada long weekend ini tak seperti libur panjang pada umumnya, namun objek wisata di kawasan Lembang masih menerima kunjungan pelancong. Bahkan, untuk okupansi penginapan tergolong memuaskan.

"Kalau kunjungan biasa memang sepi. Kebalikan sama penginapan, di kita kan ada penginapan alhamdulillah semalam itu full," ucap Sapto.

2. Alasan wisatasan tetap ke Lembang

Sepinya Kawasan Wisata Lembang saat Libur Panjang IduladhaPenerapan CB One Way di Kawasan Wisata Lembang, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Mardiana (28) ialah salah satu wisatawan asal Palembang yang memilih berlibur ke Bandung saat libur panjang Iduladha tahun ini. Ia sengaja berkunjung ke Lembang untuk mengunjungi beberapa objek wisata.

"Dari Palembang, mau liburan di Lembang. Tadi tuh sempat menunggu di Farmhouse, soalnya belum buka. Katanya lebih siang, Iduladha dulu," kata Mardiana.

Ia baru pertama kali datang ke Lembang. Hal yang membuatnya mau mengunjungi Lembang, tentu karena cuacanya yang sejuk, pemandangan alamnya yang menyegarkan mata, dan berjubelnya objek wisata.

"Karena lihat di medsos itu banyak wisata yang bagus, jadi akhirnya memutuskan liburan ke sini. Ya lumayan tadi menunggu 30 menitan. Untungnya juga jalanan lancar, enggak ada macet," kata Mardiana.

3. Tak ada peningkatan volume kendaraan

Sepinya Kawasan Wisata Lembang saat Libur Panjang Iduladha(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan pada momen libur Iduladha ini tak ada peningkatan volume kendaraan di kawasan Lembang.

"Betul dari laporan anggota di lapangan, tidak ada peningkatan volume kendaraan di Lembang. Arus lalu lintas cenderung lengang," kata Adhi.

Adhi mengatakan wisatawan yang datang ke Lembang, didominasi oleh wisatawan lokal. Kemudian kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang juga kebanyakan merupakan warga setempat.

"Yang wisata hari ini pasti ada, tapi didominasi wisatawan lokal Bandung Raya. Kemudian ada juga aktivitas lokal masyarakat di kawasan Lembang ini," ujar Adhi.

Baca Juga: Demi Pilkada KBB, Kader Golkar Siap Mundur Sebagai Anggota DPRD Jabar

Baca Juga: Dugaan Bully Siswa Sampai Meninggal di KBB, Ini Kata Bey Machmudin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya